Biro Klasifikasi Indonesia Membawa Amanat Pemerintah

Foto : Rudiyanto, Dirut PT BKI.

Rakyatmerdekanwes.com, Jakarta – PT (Persero) Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) yang difokuskan mengklafikasi kapal sebanyak 185 kapal untuk mendukung program Tol Laut,sebagai membawa amanat Pemerintah. BKI juga dipercaya memberikan quality kontrol,quality insurance dibidang membangun kapal dan galangan kapal. BKI telah dipercaya membangun Floating Production Unit (FPU) Jangkrik menuju ke komersial. Oleh karena itu,Pemerintah dalam hal ini mitra strategi visi Kemenko Maritim menuju Indonesia berdaulat,mandiri dan mengutamakan kepentingan nasional.

“Tugas Pemerintah itu survey dan sertiikasi berbendera Indonesia. Juga otoriasi statuoria. BKI juga menjadi tim tetap Sidang Teknis IMO,”kata Rudyanto,Direktur Utama dalam acara work shop wartawan kemaritiman,di Gedung BKI,Selasa (26/2),di Jakarta Utara.

Rudyanto menambahkan,Klasifikasi merupakan organisasi non pemerintah yang bergerak dibidang industri perkapalan. Yang disebut Class Socity.”Podsinya menetapkan standar pemeliharaan terhadap kontruksi dan klas kapal dan struktur bangunan lepas pantai dan melaksanakan survey terhadap bagian-bagian kontruksi tersebut,”ungkapnya.

BKI juga mengontrol keselamatan pelayaran sebagai pemenuhan dari kelaikanlaut suatu kapal memasuki industri 4.0. BKI juga kearah tersebut dengan kesiapan aplikasi sebagai penunjang digilitasasi. (Delly M)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *