Tiga Aktor Pelaku Resahkan Masyarakat Berhasil Diungkap Ditreskrimum Polda Malut 

RakyatMerdekaNews.com, Ternate – Dalam dua pekan dari  kejadian yang meresahkan Masyarakat Maluku Utara yang terjadi di daerah Morotai, Tidore dan Ternate , Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum ) Kepolisian Daerah (Polda ) Maluku Utara (Malut)  berhasil mengungkap kasus dan mengamankan tiga aktor pelaku tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Malut ,Kombes Pol Dian Harianto kepada awak media di kantornya.(14/03/19).

 

Kombes Pol Dian Harianto yang di dampingi oleh Kabid Humas Polda Malut ,AKBP Hendri Badar mengatakan, pihaknya telah berhasil mengungkap kasus kegiatan Karnaval Merah Putih yang di selenggarakan oleh Yayasan Barokah Surya Nusantara (YBSN) yang meresahkan warga Morotai serta Gerakan Mencegah Dan Mengobati (GMDM) yang meresahkan warga Tidore dan Ternate sekaligus telah mengamankan tiga pelaku yang di duga sebagai penanggung jawab acara kegiatan tersebut.

” Kami (red – Ditreskrimum Polda Malut) telah mengamankan pelaku yang berinisial G yang telah meresahkan warga Morotai dan saat ini sedang berada di rumah sakit Polri ,Kramat Jati untuk dilakukan observasi karena pelaku mengalami gangguan kejiwaan,sehingga belum dapat di bawa ke Polda Malut,” paparnya.

Dirreskrimum juga menjelaskan bahwa untuk kasus organisasi GMDM yang meresahkan masyarakat Ternate dengan memasuki sekolah – sekolah ,pihaknya juga telah menangkap dan menahan pelaku berinisial N yang saat ini sudah berada di Lapas Perempuan dan Anak di Ternate.

” Sedangkan untuk kasus yang di Tidore, untuk pelaku yang beinisial L juga telah ditangkap dan saat ini sedang ada di RS Kramat Jati hanya untuk melakukan tes saja dan kemungkinan malam ini akan langsung di berangkatkan ke Ternate dengan menggunakan pesawat garuda,”jelas Dian.

Dian menerangkan bahwa ketiga kasus yang meresahkan warga Maluku Utara ini akhirnya sudah tuntas di selesaikan dengan waktu yang cepat tinggal tunggu proses penyidikan dan akan di limpahkan Kejaksaan untuk diajukan kepengadilan.

” Janji Kapolda Malut Brigjen Pol Suroto yang akan mengungkap kasus ini secepatnya sudah terpenuhi oleh kami (Ditreskrimum ) dan untuk ketiga tersangka tersebut sementara akan di kenakan pasal 263 dan pasal 378,dan jika ada di temukan dugaan dan bukti – bukti lain yang dapat di sangkakan pasal lain ,kami akan tetap di lakukan,” terangnya.

Ditempat yang sama,Kabid Humas Polda Malut ,AKBP Hendri Badar menambahkan bahwa Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada masyarakat Maluku Utara yang tidak terprovokasi dan terpancing serta tehasut dengan adanya kasus ini,sehingga kondisi dalam keadaan aman dan kondusif karena telah mempercayakan kepada penyidik Polda Malut untuk melakukan penyidikan hingga sampai dalam persidangan.

” Selain itu kita tahu bahwa tinggal 40 hari lagi bangsa Indonesia merayakan pesta demokrasi pilpres dan pileg,untul itu masyarakat Maluku Utara diharapkan bekerjasama dengan Polda untuk mengamankan jalananya acara tersebut agar berdemokrasi yang baik sehingga menjadi aman dan damai,” tutupnya . (M Leko/Arief)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *