Antisipasi DBD, Jajaran Pemko Jakbar Gelar Grebeg PSN

Rakyatmerdekanews.com-Penggrebekan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) aedes aegefty, kembali dilakukan oleh aparat Pemko administrasi Jakarta Barat, Jumat ( 15/3/2019).

Dalam penggrebekan pemberantasan sarang nyamuk tersebut melibatkan  sejumlah petugas dari Satpol PP, petugas Jumantik, Puskesmas, ASN Kecamatan Kalideres dan Kelurahan Kamal.

Para petugas itu kemudian mendatangi setiap rumah warga yang ada dilingkungan RT 08/01, Kelurahan Kamal Kalideres Jakarta Barat.

Mereka mengecek kondisi bak mandi, dan tempat tempat penampungan air lainnya yang diindikasikan sebagai sarang nyamuk, serta mengimbau kepada pemilik rumah agar lebih melakukan upaya dalam pencegahan kasus demam berdarah dengue (DBD).

Grebek pemberantasan sarang nyamuk yang langsung dipimpin Asisten Ekonomi dan Pembangunan Jakarta Barat, Freddy Setiawan menemukan jentik nyamuk di tempat penampungan air  dan hampir di setiap rumah dilingkungan RT 08/01 Kelurahan Kamal Kalideres.Dengan didampingi Camat Kalideres, Naman Setiawan dan Lurah Kamal, Abdul Karim kemudian menempelkan striker sebagai peringatan bagi pemilik rumah yang terdapat jentik nyamuk.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Freddy Setiawan mengatakan, Pemko Jakarta Barat memonitor serta mendampingi Camat dan Lurah untuk melakukan kegiatan Grebeg PSN rutin dan sekaligus memberikan motivasi kepada para kader jumantik agar lebih giat lagi memberikan arahan kepada warga masyarakat supaya menjadi jumantik mandiri. Dikatakan Freddy, dilingkungan RW 01 Kamal, memang rawan soal jentik nyamuk dikarenakan banyak warga yang menampung air.

“Dari data Sudis Kesehatan untuk wilayah Kamal sebanyak 24 kasus.Di Kalideres paling kecil, tapi angkanya terus meningkat dari januari jumlahnya 7, Februari 12, maret 5 yang terkena DBD.”Dengan kegiatan grebeg PSN iini kita harapkan angka kasus DBD jangan berkembang lagi. Angka bukan naik, tapi harus turun, jadi kita harapkan juga peran serta masyarakat di dalam pencegahan DBD ini dengan menjaga kondisi lingkungan masing masing “ujarnya di dampingi Camat Kalideres, Naman Setiawan. (Eva/man/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *