Unik, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gelar Acara Makan Berpiring Cobek Ala Sambal Terasi

RakyatMerdekaNews.com, Tulang Bawang – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-22 kabupaten Tulang Bawang, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat menggelar acara unik dan spesifik yakni, makan bersama meput lesung alias (makan berwadahkan cobek yang ada sambal terasi di dalamnya).

Acara yang diikuti sebanyak 2000-an peserta dari berbagai elemen masyarakat itu digelar di di lapangan depan Mall Pelayanan Publik (MPP) BMW Tulang Bawang, Kamis (14/03) siang.

Bupati Winarti secara langsung membuka acara tersebut, lalu mengajak bersama -sama tamu undangan dan para peserta dan masyarakat untuk makan bersama meput lesung.

Bupati winarti menjelaskan bahwa Meput lesung merupakan
tradisi makan khas Lampung,dengan menaruh cabai merah, rampai, terasi bakar,garam dan sebagainya lalu di ulek halus diatas lesung atau cobek ulekan lantas dibubuhi nasi serta lauk pauk dan lalapan diatasnya.

“meput lesung merupakan tradisi makan masyarakat lampung, terutama menggala yang dahulu kala sering di jumpai dan dilakukan, bahkan sampai saat ini masih ada warga yang melakukan tradisi tersebut,” jelas winarti.

Kegiatan yang diharapkan dapat memecahkan rekor muri tersebut Diketahui dengan jumlah 2000 an peserta mengikuti acara meput lesung yang merupakan Kali Pertama dan terbanyak dalam sejarah di Kabupaten Tulangbawang melakukan makan bersama di atas ulekan dengan bahasa lampung lesung.

Selain jumlah peserta terbanyak, acara makan bersama meput lesung dihadiri juga Gubernur Lampung yang diwakili Staf Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan Hanibal, Anggota DPR RI Aziz Syamsudin, Anggota DPRD Provinsi Lampung Bambang Suryadi, Ketua DPRD Tulangbawang Sopi’i beserta anggota, para Pejabat Pemprov Lampung,para tokoh adat dan para pejabat dilingkup Pemkab Tulangbawang serta Unsur Forkopimda Plus Tulangbawang. (Efendi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *