Ratusan Petugas Satpol PP Jakbar Lakukan Kerja Bakti di Lokasi Kebakaran Kelurahan Krukut

Jakarta – Ratusan petugas Satpol PP Jakarta Barat  melakukan kerja bakti di lokasi kebakaran Jalan Thalib II Rw 05 Kelurahan Krukut Kecamatan Taman Sari, Kamis 21/3/2019.

Dari pantauan dilokasi, tampak terlihat petugas Satpol PP dengan dibantu PPSU, Pasukan biru SDA, TNI dan petugas LH Kecamatan Taman Sari mereka bahu membahu membersihkan puing puing dilokasi kebakaran tersebut.

Kasatpol PP Provinsi DKI Jakarta, Arifin mengatakan, Satpol PP di Jakarta Barat dengan segala kekuatannya mereka menghimpun beberapa uang yang ada.

“Dari anggota yang kemudian mereka sumbangkan kepada saudara-saudara kita warga RW 05 Kelurahan Krukut yang beberapa waktu lalu terkena musibah kebakaran. Ini bentuk kepeduliaan, kemanusiaan kita, bentuk empati kita untuk kita berikan hari ini bantuan itu berupa uang sebesar Rp 20 Juta. Ini tidak seberapa dibandingkan akibat dari kebakaran itu sendiri, dan juga hari ini selain bantuan dalam bentuk uang dan peralatan sembako juga, kita hari ini bekerja membersihkan semua puing-puing, sampah yang mungkin sudah tidak ada diperlukan di situ, supaya lebih tertib, rapi, dan bersih. Kemudian warga juga bisa menggunakan temparnya lebih nyaman lagi, sehingga puing-puing yang bekas kebakaran itu kita angkat hari ini. Hari ini kita turunkan personel lebih kurang hampir 500 orang, untuk membantu bekerja membersihkan bersama warga sehingga nantinya tempat itu kembali seperti semula, dalam keadaan bersih, teratur, dan tertata baik,”ujarnya.

Arifin menjelaskan, Namanya musibah ya, sebenarnya musibah ini bisa diantisipasi kalau kita kemudian juga memberikan perhatian kewaspadaan kita terhadap semua aset yang kita miliki, terkait masalah listrik, instalasi listriknya, kemudian penggunaan mungkin juga kompor gas yang bisa menimbulkan bahaya kebakaran itu sendiri, karena di sini termasuk salah satu kelurahan yang rawan kebakaran. Seinget saya ketika menjabat sebagai camat pun, di sini beberapa kali kena musibah kebakaran. Nah ini mungkin juga perlu menjadi perhatian warga untuk bisa lebih bisa memberikan perhatiannya yang berkaitan dengan dampak ataupun bahaya kebakaran itu yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu setiap saat. Makanya tolong diperhatikan mengenai instalasi listriknya, kemudian penggunaan kompor gas, termasuk masyarakatnya yang bisa menimbulkan atau memunculnya musibah itu,”pungkasnya.

Ia menambahkan, Sebenarnya kegiatan kita terus menerus, ini Pak Camat bahkan hampir setiap hari bersihin terus, ini dengan pasukan yang lebih banyak, anggotanya yang lebih banyak. Artinya keterpaduan, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, SDA, bersama dengan TNI dari Koramil jadi kita gabung hari ini supaya bisa bersih-bersih lah di tempat itu supaya lebih nyaman buat mereka.

harapannya sih nanti bisa kita masukin tapi tergantung sarana dan prasarananya termasuk kendaraan, mobil, kan kita juga didukung teman-teman dari Dinas LH untuk kendaraan truknya, truk yang tersedia mungkin hari ini sekitar 5-10 kendaraan mungkin ya, mungkin nanti juga dibantu dari kendaraan truknya Satpol PP, LH dan lain-lain.,”tutupnya. (Eva)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *