KPU Kabupaten Mesuji Gelar Simulasi Penghitungan Suara Pemilu 2019 

Mesuji – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mesuji menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara guna Pemilu 17 April 2019 mendatang, Kamis (11/04/19).

Kegiatan yang di gelar di lapangan dusun Pasir Intan Desa Sungai Badak Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji ini juga di hadiri oleh anggota KPU Provinsi Handi Mulyaningsih.

Dalam simulasi,Tempat Pemunggutan Suara (TPS) di rancang menyerupai seperti kondisi aslinya pada saat pemilihan umum 17 april mendatang.

Petugas TPS juga disiapkan,mereka menggunakan pakaian resmi saat pemilu nanti.

Mereka mengerjakan setiap tugas yang telah di tentukan masing-masing dari menerima warga,hingga mempersilahkan pemilih untuk mencoblos,memasukan surat suara ke dalam kotak suara dan mencelupkan jari ke tinta sebagai bentuk telah memilih atau mencoblos.

Di ketahui sebanyak 247 warga desa sungai badak yang di libatkan dalam kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara tersebut.

Menurut Ali Yasir Ketua KPU Mesuji mengatakan kegiatan ini di lakukan untuk mengetahui apa saja yang bakal menjadi kendala pada saat pemilihan mendatang serta untuk mengetahui berapa waktu yang di butuhkan mulai dari tahap pemilihan hingga penghitungan suara.

” Ada lima surat suara yang bakal di serahkan ke warga yakni surat suara Capres dan Cawapres, warna abu-abu, DPR RI warna kuning, DPD RI warna merah,DPRD Provinsi warna biru dan DPRD Kabupaten warna hijau. Ini yang kita kenalkan kepada masyarakat bahwa surat suara pada pemilu mendatang seperti ini,” Jelasnya.

Ali yasir juga berharap setelah kegiatan ini di laksanakan semua petugas TPS bisa memprediksi berapa waktu yang di perlukan dalam proses pemungutan suara hingga protes dari masing-masing saksi.

” Kita melihat berapa waktu penghitungan surat suara lalu di tambah dengan adanya keberatan dari saksi jika ada maka kita gambarkan dalam proses simulasi ini,” Tandasnya. (fendi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *