Kuliner Khas Pati “Nasi Gandul Mbak Nurul” Manjakan Lidah Anda

PATI — Nasi gandul adalah menu khas kuliner dari wilayah Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Mengapa disebut nasi gandul? Ada cerita tersendiri dari para penerus atau pedagang nasi gandul di Pati.

Kalau anda sedang berkunjung atau melintasi Kabupaten Pati, tak ada salahnya untuk singgah sejenak berwisata kuliner khas di wilayah itu. Salah satunya adalah nasi gandul. Nasi gandul ini resepnya dipercaya telah ada sejak jaman dahulu.

Di Pati ada banyak penjual atau warung yang menyediakan menu nasi gandul. Namun yang dipercaya tempat yang asyik dengan kenikmatan rasa nasi gandul itu berada di Jalan Kolonel Sunandar No 60 Ngagul Kecamatan Pati Kabupaten Pati Jawa Tengah kode pos 59112 .

Ya … “Nasi Gandul Mbak Nurul” lokasi kuliner yang satu ini disajikan oleh Gadis belia yang baru berumur 21 Tahun yang menekuni kuliner Nasi Gandul khas Pati tersebut.

Menyingung Kabupaten Pati, wilayah itu berada sekitar 2 jam perjalanan dari Semarang. Warga percaya, resep nasi gandul tidak sembarang orang bisa mengolahnya. Sebab, resep asli dari nasi gandul kebanyakan merupakan warisan turun temurun dari orang tua atau pendahulunya.
Sebagian besar orang berjualan nasi gandul juga merupakan generasi penerus sebelumnya.

Konon katanya, resep pertama nasi gandul itu muncul di Desa Gajahmati. Namun hal memotivasi para pelaku kuliner di sekitar wilayah kabupaten Pati sendiri.

Menurut Mbak Nurul, nasi gandul merupakan makanan berkuah yang warnanya merah kecoklatan. Saat disajikan, pembeli akan diminta untuk memilih daging jenis apa yang akan digunakan untuk pelengkap. Mulai dari jeroan sapi, daging hingga lidah sapi menjadi menu pelengkapnya. Belum lagi tempe, pregedel yang menembah citra rasa warungnya.

” Kami sajikan untuk kepuasan konsumen yang ingin memanjakan selera, harganyapun cukup ekonomis. Rata-rata 20 ribu tergantung menu lauknya,” terang Mbak Nurul.

“Disamping itu, penyajian nasi gandul selalu menggunakan selembar daun pisang. Fungsinya untuk menetralisir panas dari masakan agar lebih nikmat saat disajikan. belul lagi sajian tempe yang saat digigit, tempe dan nasi gandul ini bertekstur lebih keras jika dibanding tempe pada umumnya. Namun, saat dikunyah menjadi pecah dan mudah untuk dicerna,” imbuhnya.

Untuk pembaca jangan lupa kalau anda tengah berliburan di kawasan Pantura, wilayah Pati atau melintas, jangan lewatkan untuk menikmati nasi gandul di Jalan Kolonel Sunandar No 60 Ngagul Kecamatan Pati Kabupaten Pati Jawa Tengah ” Nasi Gandul Mbak Nurul”. (ikh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *