Sempat Mangkir, Akhir Nya Plt Kadisdik MURA Diperiksa Pidsus Kejari Lubuklinggau

Lubuklinggau, RMNews.com – Panggilan Pertama sempat mangkir, kali ini Irwan Efendi, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas tidak berani lagi mangkir dari panggilan Penyidik Kejari Lubuklinggau untuk di mintakan keterangan nya terkait dugaan kasus pungli yang bakal menjerat nya jika terbukti. Rabu (15/5).

Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Musi Rawas Irwan Effendi awalnya terlihat santai memasuki ruangan Pidana Khusus sejak pukul 14 : 00 hingga pukul 17 : 00 tertunduk lesu meninggalkan ruang pemeriksaan.

Menurut Kasi Pidsus Muhammad Iqbal, Plt Kadis Pendidikan Irwan Efendi hanya datang sendiri memenuhi panggilan Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuklinggau.

“Surat panggilan untuk di minta keterangan hari ini ada 2 (dua) orang, Plt Kadis Irwan Efendi dan Rifa’i,” kata Pidsus.

Hanya Irwan Efendi yang datang memenuhi panggilan senentara Rifa’i mangkir dari panggilan penyidik untuk diminta kembali keterangannya. Penyidik tidak tahu apa alasan Rifa’i tidak memenuhi penggilan, tutup Pidsus.

flashback, Plt Kadis Irwan Efendi awalnya mangkir dari panggilan Penyidik Kejari Lubuklinggau beberapa waktu lalu terkait kasus dugaan pungli di Dinas Pendidikan Kab Mura pada kegiatan diklat penguatan Kepala sekolah tahun anggaran 2019.

Sebelumnya kegiatan ini sudah dianggarkan di APBD Pemda Mura, kemudian dengan alasan kurangnya biaya untuk diklat. Berdasar surat Kemendikbud pusat dilakukan rapat internal di Disdik Mura mengusulkan 3 ofsi pilihan agar kegiatan dapat berjalan.

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Hakmaz taba dengan peserta kurang lebih 283 peserta mulai dari Kepala Sekolah SD dan SMP. Ofsi yang dipilih adalah Kepala Sekolah diwajibkan iuran sebesar 3 Juta Rupiah, Iuran disetujui oleh peserta diklat dan di ketahui oleh Bupati.

Perihal pungutan sebesar 3 juta menyeruak kepermukaan. Aktivis dan LSM (GMNI, HMI dan Gabungan LSM TRISULA) mendesak Bupati Hendra Gunawan untuk mencopot Plt Kadis Irwan Efendi dari jabatannya.

Demo Gabungan LSM TRISULA di depan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rwas, terkuak bahwa pungutan sebesar 3 juta bagi setiap Kepsek atas sepengetahuan Bupati Musi Raws, Hendra Gunawan seperti yang disampaikan okeh Plt Kadis Irwan Efendi. (TIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *