Wed. Apr 1st, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Satpol PP Kota Ternate Tertibkan Lapak PKL

Satpol PP Kota Ternate tengah melakukan penertiban dan pembongkaran lapak PKL yang berada di kawasan Terminal Gamalam.

RakyatMerdekaNews com,Ternate –
Satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP)Kota Ternate menertibkan dan pembongkaran lapak -lapak para pedagang kaki lima (PKL) yang berada di badan jalan maupun trotoar disepanjang jalan Pahlawan Revolusi,masjid Raya Al Munawar,kawasn terminal Gamalama,depan rusunawa dan di Dodoku Ali.Hal ini di katakan oleh Kepala Satpol PP Kota Ternate ,Fandy Mahmud saat di temui Rakyat Merdeka News.com di ruang kerjanya. (11/06).

Fandy Mahmud mengatakan bahwa pihaknya melakukan penertiban dan pembongkaran lapak – lapak yang berada disepanjang jalan Pahlawan Revolusi,kawasan dalam terminal Gamalama,depan rusunawa dan di Dodoku Ali tersebut berdasarkan surat edaran yang telah di sampaikan kepada seluruh pelaku usaha yang berada di wilayah Kota Ternate .

“Kami(red -Satpol PP) menjalankan tugas sesuai surat edaran dan sudah memberikan pemberitahuan kepada para pedagang kaki lima (PKL) yang berada di wilayah Kota Ternate bahwa pada tiga hari sebelum bulan suci ramadhan dan empat hari sesudah hari Idul Fitri 1440 H/2019 yang berjualan di badan jalan untuk sementara di perbolehkan namun sesudah waktu yang ditentukan tersebut tidak boleh berjualan,”ungkapnya.

Kasatpol PP menjelaskan bahwa bila para PKL tersebut tidak mengindahkan surat edaran dan pemberitahuan yang sudah di sampaikan, maka kami (red-satpol pp) akan menertibkan mereka dan membongkar lapaknya.Dan hari ini (red-Selasa)kami buktikan dengan membongkar lapak mereka.

“Selain penertiban dan pembongkaran PKL,yang di mulai pada pagi hari sampai sore hari,kami juga melakukan penertiban pada malam hari terhadap pada penyakit masyarakat seperti para pedagang minuman keras (miras) dan Pekerja Sex Komersial(PSK)atau perempuan malam yang ada di sekitar wilayah Kota Ternate,”jelas Fandy.

Fandy menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan razia dan penertiban hampir tiap hari sesuai tugas Satpol PP sebagai pengawal dan pelaksana peraturan perda yang berlaku di Kota Ternate.

“Kami tetap berkomitmen dalam hal melakukan penertiban dan razia demi memberikan kenyamanan dan ketentraman kepada masyarakat Kota Ternate,”tambahnya.

Disinggung dengan adanya isu dugaan oknum satpol pp yang melakukan pungutan liar( pungli) kepada para PKL,Kasatpol PP menerangkan bahwa dirinya juga sudah mendengar informasi tersebut namun belum menemukan dan mendapatkan bukti yang jelas atas pungli yang dilakukan oleh oknum anggotanya.

“Sejauh ini saya (red-Fandy) sudah sering mendengar isu tersebut namun sejauh ini belum menemukan buktinya.Dan jika ada kedapatan anggota satpol pp yang melakukan pungli tersebut,saya akan tindak tegas sampai ke tingkat pemecatan jika anggotannya masih honorer dan yang sudah PNS akan di laporkan dan di serahkan kepada pihak BKPSDM,”terang Fandy.(M.Leko/Arief)