Tue. Feb 18th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Seru, Pagelaran Seni Budaya Wayang Kulit di Desa Dungus Kediri Disambut Antusias Warga 

RakyatMerdekaNews.com, Kediri – Gunawan selaku Kepala Desa Dungus, Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri menggelar acara Seni Budaya Wayang Kulit, dengan Dalang Ki Rudy Gareng , dari Kota Blitar di kediaman Lurah Gunawan, di Desa Dungus, Kecamatan Kunjang , Kabupaten Kediri, Jawa Timur, pada Senin hingga Selasa, Tanggal 17 – 18 Juni 2019.

Adapun Kepala Seksi Pelayanan ( Jogotirto ), Yaitu Supriyono saat ditemui awak media mengatakan, bahwa acara gelar Seni Budaya Wayang Kulit , sudah melekat di hati masyarakat warga Desa Dungus, dari generasi ke ke generasi , sehingga setiap setahun sekali di adakan gelar seni budaya wayang kulit, di waktu yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, karena tujuan untuk bersih – bersih desa, dan juga untuk menjalin Silahturahmi tradisi bermaaf – maafan dan menjalin hubungan baik dengan seluruh warga masyarakat Desa Dungus.

Karena Kepala Desa Dungus , itu yang membawahi 7 ( tujuh ) Wilayah Dusun yaitu Dungus, Plosekerep, Gelaran, Sembon, Ngemplak, Bakalan dan Jogos, Ketujuh Dusun warga masyarakat dusun tersebut sangat mendukung dan gembira di gelar nya seni budaya wayang kulit, sehingga penonton pargelaran wayang kulit di banjiri ribuan penonton dari berbagai Dusun yang yang ada sekitaran Desa Dungus ikut pula menonton.

Adapun dana pagelaran seni budaya wayang kulit tersebut , di ambil dari Dana Anggaran Kas Penghasilan Asli Desa (PAD), mengingat biaya pegalaran dengan Dalang Ki Rudy Gareng yang tersohor di Jawa Timur, cukup lumayan besar ongkosnya, sehingga dana (Kas PAD) itu tidak mencukupinya , sehingga secara pribadi Lurah Gunawan yang menomboki kekurangan biaya ongkos Ki Dalang tersebut.

Lurah Gunawan mengatakan, yang penting warganya dan masyarakatnya puas dan bergembira dan bahagia. “Sehingga pagelaran wayang kulit tersebut membuat hati warga masyarakat di 7 (tujuh) dusun merasa senang dan gembira, ditambah lagi acara nya berjalan sukses dan meriah, “ujar Supriyono (Seksi Pelayanan Desa)
(Ratna/Widi)