Sindikat Pembobol Alfamart Berhasil Digulung Polres Purworejo 

RMNews.com,Purworejo — Opsnal Satreskrim Polres Purworejo berhasil membekuk komplotan khusus pembobol pertokoan Alfamart/Indomart lintas propinsi.Mereka adalah NK(38) warga Kelurahan Periuk, Kecamatan Periuk , Kota Tangerang, Banten, HS (31) warga Bekasi , AS (43) warga Pasar Kemis, Tangerang, LAE (DPO). Mereka ditangkap di wilayah Lembang Bandung Jawa Barat saat akan melakukan aksinya.

Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong melalui Kasat Reskrim AKP Haryo Seto Liestiawan mengungkapkan, penangkapan sindikat pencurian khusus pertokoan Alfamart/Indomart berawal dari adanya laporan dua kasus pembobolan Alfamart di wilayah Purworejo. Dari kasus tersebut tim Opsnal satreskrim Polres Purworejo segera mengadakan peyelidikan, jelas Haryo Seto kepada awak media saat konfrensi pers, (Rabu 28/6) dimapolres Purworejo.

Dari hasil penyelidikan tim Opsnal satreskrim Polres Purworejo ternyata dari wilayah lain juga ada kasus dengan modus yang sama. Hal tersebut diketahui setelah adanya laporan dari wilayah Sleman dan Gunungkidul, Provinsi DIY.

“Untuk menyelidiki kasus tersebut lebih lanjut kami mengadakan koordinasi dengan Polres Sleman dan Polres Gunungkidul , Polda DIY. Melalui koordinasi dan penyelidikan tidak kenal lelah akhirnya tim Opsnal berhasil melacak keberadaan para pelaku.

Para pelaku yang berjumlah empat orang tersebut, tiga orang berhasil disergap dan satu orang berhasil lolos. Ketiga tersangka akhirnya ditangkap bersama barang bukti berupa: uang tunai sebesar Rp 300.000,- , 1 buah kemeja lengan panjang warna abu – abu , 1 unit mobil Toyota Avanza, 1buah Hp merk Vivo, linggis, kunci T ,gunting besi.Mereka di amankan di 3 Polres yakni: NK di Polres Purworejo, HS di Polres Sleman, dan AS di Polres Gunungkidul.

Menurut pengakuan tersangka NK yang diamankan di Polres Purworejo, menjelaskan bahwa pada (26/4/2019),NK bersama komplotannya telah berhasil membobol toko Alfamart di Desa
Jenar Wetan Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo dengan cara merusak (memotong) gembok dan kunci rolling door. Barang-barang yang berhasil diambil pelaku yaitu rokok, susu kaleng berbagai merek, HP Tablet merek Samsung dan recorder CCTV, Kerugian mencapai Rp. 87.342.301,-

Dari hasil interogasi yang terangkum , pelaku mengakui bahwa telah melakukan pencurian di 2 (dua) Toko Alfamart di wilayah Purworejo, 1 (satu) Toko Alfamart di wilayah Gunung kidul (DIY) dan 1 (satu) Toko Alfamart di wilayah Sleman (DIY).

Barang barang hasil pencurian dari 4 (empat) toko Alfamart tersebut dijual oleh tersangka HS kepada seseorang yang tidak dikenal. Dari hasil penjualanya, masing – masing tersangka mendapat bagian uang sebesar Rp. 20.300.000-

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya ketiga tersangka yang diperiksa di 3 Polres berbeda, dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Kun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *