Sat. Mar 28th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Tingkatkan APK, UT Akan Menjadi PTNBH

RakyatMerdekaNews.com,Ternate – Untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi di Universitas Terbuka (UT) ,pihak Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan berencana melakukan pengembangan pendidikan pada UT.Hal ini di katakan oleh Rektor Universitas Terbuka (UT).Prof.Drs. Ojat Darojat,M.Bus,Ph,D kepada Rakyat Merdeka News.com saat usai acara Temu Wicara Rektor dengan Mahasiswa UPBJJ – UT Ternate.(18/07)

Prof.Drs.Ojat Darojat ,M.Bus,Ph.D mengatakan bahwa pihaknya (red – manajemen UT)di berikan tanggung jawab besar oleh Kemenristekdikti dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi di UT untuk membantu pemerintah dalam rangka peran – peran strategi dalam peningkatan APK.

” Saat ini status UT telah diklasifikasi sebagai Perguruan Tnggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN -BLU) dan Kemenristekdikti memberikan gagasan untuk pengembangan UT kedepan dengan meningkatkan statusnya sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini jumlah mahasiswa yang ada di 34 Provinsi dan 36 negara adalah sebanyak 320 ribu mahasiswa.Dan dalam tahun 2019 ini UT di berkan target oleh pemerintah sebesar 1 juta mahasiswa baru.

” Dari target satu juta mahasiswa tersebut, UPBJJ – UT Ternate mendapat target dari kami sebesar 5 ribu mahasiswa baru tahun ini,namun apabila tidak mencapai target akan mendapat sangsi yang mempengaruhi remunerasi yang di terima oleh dosen dan staff di UPBJJ – UT Ternate,”jelas rektor.

Rektor juga menerangkan bahwa kalau di lihat dari sisi jumlah mahasiswanya saat ini UPBJJ – UT Ternate belum menggembirakan dalam mencapai target,namun mudah- mudahan pada semester ini akan mencapai targe.

“Kendati demikian kami (red – UT Pusat) yakin bahwa UPBJJ – UT Ternate untuk tahun ini pencapaiannya lebih dari tiga ribu mahasiswa karena di lihat dari faktor populasi penduduk dan frest grayduet,”terangnya.

Sementara itu Kepala UPBJJ -UT Ternaate,Anfas mengatakan bahwa pihaknya mengakui dalam pencapaian jumlah mahasiswanya belum menggembirakan namun pihaknya akan terus melakukan inovasi – inovasi baru dengan memetakan skala prioritas karena saat ini di Maluku Utara bersaing dengan 24 perguruan tinggi dari jumlah penduduk yang hampir satu juta 2 ratusan yang tersebar di pulau – pulau yang berada di Wilayah Provinsi Malut.

” Kita (red – UPBJJ – UT Ternate) tidak patah semangat dalam mencari mahasiswa baru,karena yang frees gradeduet baru 35 persen,sehingga masih ada 65 persen yang belum melanjutkan pendidikan tinggi dan untuk itu kita akan bekerja sama dengan Pemda setempat,” paparnya.

Dia menambahkan saat ini pihaknya bekerjasama dengan Pemda setempat agar pemda mendorong pegawai untuk meningkatkan karier dengan melanjutkan kuliahnya di UPBJJ – UT Ternate,karena hanya UT lah yang resmi dan di akui oleh pemerintah dalam melakukan belajar mandiri dengan belajar jarak jauh.

“Kalau kuliah kelas jarak jauh pada perguruan tinggi lainnya memang cepat lulus ,namun di UT meskipun kuliah jarak jauh tetap saja harus sesuai dengan peraturan yang ada,karena kita mau meningkatkan mutu dari pada lulusan mahasiswa UT,” tutup Anfas. (Arief)