Mon. Feb 17th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Ekonomi Warga Terpuruk, Laga Pacuan Kuda Sepi Pengunjung

Gayo Lues, RMNews.com – Meski, beberapa hari ini kegiatannya telah berjalan, namun pengunjung pada laga pacuan kuda yang digelar di Buntul Nege ini masih terlihat sepi. Kondisi ini terjadi, kuat dugaan lantaran disebabkan faktor ekonomi,  masyarakat lemah sehingga sulit untuk menjangkau untuk membawa keluarga dalam menyaksikan hiburan spesifik tersebut, (31/7/2019).

Berbeda dengan sebelumnya, pacuan kuda yang berada di Stadion Seribu Bukit sejak dari awal hingga selesai pengunjung tampak ramai, dan padat, bahkan masyarakat dari luar daerah tampak sangat antusias.

Saat ini terlihat dengan nyata berbagai kegiatan yang diselenggarakan di daerah pengunjung terlihat sepi. Ini terjadi lantaran diduga perekonomian masyarakat sangat rapuh di kabupaten Gayo Lues.

Adapun yang terlihat dalam area Pacuan Kuda hanya orang-orang yang berada di kecamatan terdekat dengan kabupaten, dan masyarakat dari kabupaten Aceh Tengah. bener Meriah dan Aceh Tenggara yang memiliki kuda untuk ikut memperebutkan fiala. Namun itupun jika dalam pertandingan hari pertama dan kedua kuda kalah akan dibawa pulang kedaerah tanpa menunggu berlama-lama di Gayo Lues.

Dari hasil masukan dari kalangan masyarakat tentang pacuan kuda, pemerintah daerah seyogyanya segera mencari solusinya kedepan dengan meningkatkan berbagai program peningkatan ekonomi, apabila acara-acara hiburan rakyat bukan saja pacuan kuda maupun yang lain mampu masyarakat berkunjung tanpa kendala dari faktor ekonomi.

Bagi masyarakat yang kurang mampu jika ingin menyaksikan pacuan kuda harus mengeluarkan uang pulang pergi minimal Rp, 50,000 (lima puluh ribu rupiah) untuk ongkos becak, lain lagi dengan pengeluaran lainnya.

Pacuan kuda merupakan hiburan masyarakat Gayo Lues sejak dari zaman Belanda hingga sekarang, akan tetapi loaksi yang berbeda sehingga masyarakat meramaikan pacuan kuda 1 atau 2 hari lagi menjelang final perebutan piala.

Hasil pantauan awak media rakyatmerdekanews.com, (31/7) beberapa hari menyaksikan di pacuan kuda Buntul Nege, Kabupaten Gayo Lues.(Kasimsyah Gayo)