Sun. Feb 23rd, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Dengan Saba Desa Saya Jadi Tahu Kebutuhan Warga

RMNews.com,Purworejo — Kegiatan rutin sebulan sekali yang bertajuk Bupati saba desa adalah salah satu program Bupati Purworejo dalam rangka mengembangkan aset – aset wisata daerah yang tersebar di desa – desa se Kabupaten Purworejo.
Demikian dijelaskan Bupati Purworejo Agus Bastian saat melakukan kunjungannya disalah satu rumah warga Desa Kaliwungu , Kecamatan Bruno Senin malam (26/8).

Dalam keteranganya bupati menjelaskan, bahwa desa yang akan dikunjungi, sudah ditentukan terlebih dahulu, dan diambil secara bergantian dari kecamatan yang berbeda.
Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, dan seperti biasanya bupati akan menginap di rumah salah satu warga, yang kondisinya paling ‘memprihatinkan’. Seperti yang dilakukan pada Saba Desa kali ini, ujar bupati yang didampingi Kadinpermades Agus Ary Setiyadi.

Pada agenda Bupati saba desa kali ini mengunjungi Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno. Di wilayah yang berada di kawasan pegunungan ini, bupati menginap di rumah warga bernama Jamaluddin, yang berlokasi di Dusun Cacaban RT 04 RW 02 Desa Kaliwungu.

Saat melihat kondisi rumah Jamaluddin, yang kondisinya cukup memprihatinkan tersebut, bupati tersentuh hatinya. Rumah berdinding anyaman bambu yang sudah mulai rapuh dan masih berlantaikan tanah, fasilitas MCK, dan listrik belum ada. Untuk penerangan, Jamaluddin minta saluran dari tetangganya, sedangkan pemilik rumah sedang terbaring sakit.

Melihat kondisi keluarga Jamaluddin , Bupati Purworejo terketuk hatinya untuk segera memberikan sejumlah bantuan kepada warga yang kurang beruntung tersebut diantaranya menyerahkan uang tunaikepada keluarganya dan televisi lengkap dengan antena parabola. Bupati juga berjanji akan segera memasang listrik baru dan membangun fasilitas MCK , serta segera merenovasi rumahnya.

Bupati juga menyempatkan diri untuk melihat kondisi Jamaludin yang sedang sakit “ beliau harus mendapat perawatan dan pengobatan yang layak, ungkapnya.

“Inilah fungsinya program Saba Desa, dengan acara ini saya jadi tahu kondisi rakyat secara langsung, dan apa yang mereka butuhkan, disamping itu saya juga dapat langsung berinteraksi dengan warga yang dikunjungi,” jelas Agus Bastian mengungkapkan. (Kun)