Bentuk Siswa Berkarakter, Ini yang Dilakukan Salah Satu Wartawan Rakyatmerdekanews

Foto saat pemberian hadian kepada salah satu murid yang berhasil menjawab pertanyaan

MAGELANG – Antusias Puluhan siswa Madrasah Ibdidaiyah Sunan Kalijogo Karangsari Desa Tanggulrejo Kecamatan Tempuran begitu nampak terpancar di wajah. Ketika Jumat pagi sekitar pukul 08.00 WIB kedatangan dua tamu di sekolahnya.

Hari itu mungkin hari spesial bagi para murid kelas 4,5 dan 6. Pasalnya Dua tamu tersebut diantaranya Akhmad Ikhwan dari salah satu Wartawan Media Online Rakyatmerdekanewscom yang berkantor di Jakarta dan Siti Mualimah seorang guru SD di wilayah Kajoran memberikan materi tentang membangun karakter kejujuran di lingkungan sekolah

Menurut Ikhwan yang juga merupakan alumni sekolah tahun 1987 lalu itu mengatakan, “Karater kejujuran dan etika di sekolah sangatlah penting tertanam pada jiwa para siswa usia dini di seluruh sekolah baik di dalam negeri maupun luar negeri, demi terciptanya generasi yang beretika dan berbudi luhur.

Menurut Kepala sekolah MI Sunan Kalijogo Lilik Ashofah S,pd,i, melalui bimbingan motivasi kejujuran di lingkungan sekolah yang di selengarakannya, Lilik berharap kemajuan anak didiknya dibidang tersebut kian tertanam.

“Kami berharap para siswa-siswi di sekolah ini dapat termotivasi melakukan kebaikan dalam lingkungan sekolah. Pesan moral yang disampaikan dalam paparan sangat bagus untuk perkembangan karakter jujuran, etikan serta penanaman karakter,” terang Kepala sekolah tersebut.

Lebih lanjut Lilik mengungkapkan keprihatinannya para pelajar saat ini banyak yang lebih cenderung kurang memperhatikan pelajaran dan etika disekolah terutama dalam bersikap.

“Dengan adanya bimbingan ini kami berharap nantinya anak didik menjadi anak sholeh/sholehah menjadi contoh teladan di lingkungan, menjadi kebanggaan orang tuannya, para guru serta masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Lilik juga berpesan kepada para orang tua agar lebih memperhatikan putra putrinya.

“Pesan kami kepada para orang tua agar lebih memperhatikan putra putrinya, baik dalam bellajar dan mengerjakan PR, karena sering kami dapati anak-anak tidak mengerjakan PRnya. Kami mendidik hanya disekolah dan tanggung jawab kami hanya disekolah, selanjutnya untuk yang di rumah menjadi tanggungjawab kedua orang tuannya,” harapnya

Dirinya juga mengapresiasi bimbingan yang di berikan oleh Akhmad Ikhwan dan Siti Mualimah kepada sekitar 71 putra putri didiknya

“ Kami mewakili sekolah menyampaikan apresiasi kepada Pak Ikhwan Dan Ibu Mualimah yang sudah berkenan berbagi kepada para siswa. Semoga ini menjadi angin segar serta gairah baru dalam belajar di sekolah ini,” tutupnya.

Sementara Siti Mualimah yang juga seorang guru Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang merasa bersyukur dirinya di ajak kakak alumni untuk berbagi ilmu kepada para siswa MI.

“Kegiatan ini sangat positif bagi anak usia dini dan pendampingan dalam bimbingan karakter kali kedua saya tidak sia-siakan setelah sebelumnya di MTS Sudirman Tempuran, ketika saya di ajak kakak alumni saya yang berprofesi wartawan, tentu apa yang dia lakukan berdasarkan pengalamannya keluar masuk sekolah serta dalam setiap kegiatannya,” kata Mualimah.

Menurut Ibu dua anak ini, apa yang dilakukan dengan kakak alumninya hanya berdasarkan niat tulus untuk berbagi ilmu.

“ Ini ide Pak Ikhwan, sebelumnya juga sudah beberapa kali dilakukan di sekolah lain, saat tidak di Magelang,” imbuhnya.

Sebagai guru, Mualimah sangat ingin kegiatan itu tidak berhenti disitu saja, Ia ingin terus berbagi agar kedepannya para siswa/wi dapat menerapkan sesuai harapan para guru dan pemimbingnya.

“ Kami sama sama belajar, niat baik kami agar apa yang kami lakukan bermafaat untuk adik-adik. Tetap semangat, yakin kalau adik adik bisa lebih baik sukses meraih cita-citanya. Jangan lupa, niat tulus, cita-cita yang luhur, semangat, keadilan dan kebersamaan,” pungkasnya. ( trasno/sm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *