Mon. Feb 17th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Mahasiswa dan Tokoh di Tanah Air Harap Situasi Politik Kondusif Jelang Pelantikan Presiden 

Awadudin Angkrih, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) Jakarta.

RakyatMerdekaNews.com, Jakarta, – Kalangan mahasiswa dan sejumlah tokoh di tanah air berharap situasi politik nasional kondusif jelang pelantikan Jokowi- Ma’ruf Amin sebagai presiden-wakil presiden terpilih pada 20 Oktober mendatang.

Hentikan segala upaya-upaya yang mengarah kepada penggagalan pelantikan.
Dalam hal ini TNI dan Polri diharapkan senantiasa sigap dan tentunya mampu mangantisipasi berbagai bentuk hambatan yang bakal terjadi. Sehingga pelantikan, baik DPR RI maupun Presiden-Wakil Presiden berjalan aman dan kondusif.
Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) Jakarta, Awadudin Angkrih (23/9/19) mengatakan, momentum pelantikan Presiden, DPR dan MPR RI ini menjadi penting, karena gerbang awal para anggota legislatif mulai bekerja, pentingnya kedepan dalam mengawal kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, mari kita dukung bersama-sama agar prosesnya berjalan dengan lancar dan tertib, katanya.
Adherie Zulfikri Sitompul, SH, MIP, CLA, Ketua Umum Ikatan Sarjana Al Jam’iyatul Washliyah (PP ISARAH).

“Sudah seharusnya generasi muda kita Indonesia memikirkan masa depan, dengan gebrakan yang inovatif, untuk menuju era bonus demografi 2045, “Tandas pria yang akrab disapa Awad itu.

Berharap pada peran lembaga hukum negara TNI dan Polri Ketua Umum HMB Jakarta
mengapresiasi atas kinerjanya yang sejauh ini terus mengkawal situasi Pasca Pemilu 2019 ini bekerja dengan sukses dan tertib, peranan TNI dan Polri terus bekerja atas nama Negara Kesatuan Republik Indonesia, harapnya.
Sementara tokoh Sekretaris DPP PDIP Hasto Kristiyanto berharap situasi politik nasional kondusif jelang pelantikan Jokowi- Ma’ruf Amin sebagai presiden-wakil presiden terpilih pada 20 Oktober mendatang.
Dia juga berharap sejumlah proses politik yang dimulai dengan pelantikan anggota DPR dan MPR RI pada 1 Oktober, berlangsung mulus.
PDI Perjuangan bersama Koalisi Indonesia Kerja (KIK), lanjutnya akan terus bergotong-royong meningkatkan koordinasi. Mengingat sidang MPR yang akan melantik Presiden harus didukung dengan suasana kondusif.
Foto: istimewa

Dia menuturkan, seluruh partai di KIK telah menyiapkan komunikasi politik dengan parpol lain dan juga anggota DPD RI.Pernyataan Hasto ini tampaknya menjadi tanda mulusnya proses revisi UU MPR, DPR, DPD RI (MD3) yang baru saja disahkan pengajuannya di rapat paripurna pada minggu ini.

Agenda politik yang diawali dengan pelantikan anggota DPR RI dan MPR, susunan komposisi di DPR dan MPR bisa dilakukan dengan baik, tutupnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Umum DPP BIN, Dini Noer Setyoningsih, SH, selaku pendiri dan Ketum Benteng Independen Nusantara (BIN), pihaknya mengajak semua saudara untuk turut menciptakan situasi yang kondusif agar pelantikan Presiden dan Wakil Presiden berjalan dengan lancar, ungkapnya.

Adherie Zulfikri Sitompul, SH, MIP, CLA, Ketua Umum Ikatan Sarjana Al Jam’iyatul Washliyah (PP ISARAH), mengungkapkan, pandangan wajib dilakukan dengan positif, sehingga melahirkan pendapat yang positif pula. Di Kabinet Pak Jokowi selaku Presiden RI ini juga diisi oleh kekuatan, keahlian pikiran positif yang sebelumnya berasal dari TNI, Kabinet RI 1 yang mana merupakan perpaduan dari orang-orang yang memiliki keahlian membangun negeri ini. Yang sebelumnya berasal dari TNI POLRI maupun berasal dari back ground murni sipil dengan kolaborasi ini sangat perlu kita telaah dengan positif hasil yg dicapainya baik yang akan mengakhiri masa jabatannya maupun yang baru akan memulai masa jabatannya, ungkapnya.

“Dan saya yakin kemampuan mereka tanpa harus melihat sisi pendapat negatif yang muncul dari berbagai pihak. Dan dalam hal ini Presiden RI tentunya memiliki pemikiran yang luar biasa dalam menyikapi pendapat maupun pandangan yang berbeda, ujarnya.

 

Dikatakan, para menteri maupun Kepala Badan serta kepala institusi yang bukan hanya berasal dari hak prerogratif Presiden namun ada juga yang merupakan hasil produk seleksi ketat dari Kelembagaan lainnya. Yakni DPR RI, tentunya seluruhnya merupakan sosok pemimpin yang kreatif, imajinatif,  lebih intuitif, lebih memandang holistik dan memahami yang implisit serta berani menghadapi perubahan serta resiko. Sehingga keberadaan nya masing-masing di institusi adalah yang terbaik dalam menjalankan peran dan amanah yang diberikan kepada mereka, katanya.(Red)