Tujuan Awal Mahasiswa Untuk Tentukan Arah dan Tuntaskan Reformasi

RMnews, Jakarta – Tujuan awal mahasiswa adalah untuk menentukan arah dan menuntaskan reformasi, kata Meidi Kosandi, ketua program studi Pascasarjana Fakultas Politik FISIP UI, Jakarta (7/10).

Dibalik unjuk rasa mahasiswa belakangan ini menurut Meidi Kosandi, S IP, MA, Ph D, “Kalo dari segi substansi, RUU yg sudah ditetapkan memang bermasalah, baik itu RUU KUHP, RUU KPK, pertanahan dan lain-lain semuanya secara substansi bermasalah, tidak dapat diterima. Ini yg membuat alasan kuat mahasiswa untuk berunjuk rasa.”
Lebih jauh Meidi mengatakan, “Tapi sejak awal tujuan mahasiswa adalah untuk menentukan arah dan menuntaskan reformasi. Tidak bertujuan menjatuhkan presiden.”
Dosen politik UI yg hobinya traveling ini juga mengungkapkan, “diluar soal substansi UU dan RUU, yg menetapkan itu adalah DPR. Namun yg merasa terdesak adalah pemerintah, dalam hal ini presiden. Sebagian diakibatkan prosedur pembatalan UU yg terlalu dekat, sedangkan uji materi yg harus dilakukan MA akan membutuhkan waktu yg cukup lama,”
Ketika ditanya RMnews di rumahnya di kawasan Depok kemaren (06/10) soal ada kemungkinan unjuk rasa mahasiswa ini ada yg menunggangi, Meidi mengatakan, “Bisa saja, kemungkinan keterlibatan pihak asing untuk kepentingan menghambat Indonesia menjadi negara superpower yg terlalu cepat. Apalagi kalo bertemu dengan oposisi yg kurang visioner dan nb kepentingan gerakan separatis. “Makanya kita harus hati-hati,” tegas Meidi lagi.
Semoga saja tidak terjadi apa2 dengan bangsa dan negara kita. (Amin Bearland)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *