Gunakan Dana Desa, Desa Kerta Banjarsari Bangun Destinasi Wisata 

LEBAK, RMNews – Desa membangun perekonomian warga melalui sektor wisata saat ini bukan lagi hal yang tak mungkin dan hanya isapan jempol belaka, tapi akan menjadi sebuah kenyataan bila semua unsur di desa bertekad ingin memajukan wilayahnya.

Sebab, cukup banyak desa diberbagai belahan nusantara ini yang perekonomiannya bergerak dan maju pesat lewat sektor wisata.

Sebuah desa yang berada dibagian Selatan Kabupaten Lebak yakni, Desa Kerta, Kecamatan Banjarsari yang berbatasan dengan Kecamatan Malingping pemilik wisata Pantai Bagedur dan Kecamatan Bayah dengan Pantai Sawarnanya.

Desa Kerta ini, memiliki wisata desa yang bernama Wisata Kertawarna terletak di Kampung Tapos dan berdiri diatas lahan tanah seluas tiga hektar.

Pembangunan sektor wisata desa itu, akan dikelola oleh Badan Usaha MIIik Desa (BUMDEs).

“Pembangunan lokasi wisata Kertawarna di Desa Kerta ini, pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pembangunannya didanai sekitar Rp100 juta lebih dari alokasi dana Usaha Ekonomi Masyarakat (UEM),”ujar Kades Kerta, Muhaemin, Rabu (6/11/2019).

Menurut Muhaemin, rencana lounching lokasi wisata Kertawarna tersebut, sedianya akan dilakasanakan pada 17 November 2019 mendatang karena saat ini masih sedang dalam tahap pengerjaan finishing.

“Pengunjung wisata Kertawarna dapat menikmati indahnya taman bunga, dan taman bermain bagi anak-anak. Selain itu, pengunjung yang hoby dengan foto – foto Selfi, spot untuk berselfi ria sudah tersedia. Tapi masih belum rampung pengerjaannya, karena anggrannya baru teralokasikan sebesar Rp95 juta dari UEM dari yang seharusnya Rp100 juta lebih,”tandas Muhaemin.

Muhaemin berharap, dengan dibangunnya lokasi wisata desa tersebut. Banyak pengunjung dari berbagai wilayah Kecamatan di Kabupaten Lebak dan wilayah lain di Provinsi Banten akan data ke Desa Kerta.

“Harapannya setelah diresmikan nanti banyak warga Lebak dan sekitarnya datang ke Desa Kerta untuk berwisata,”tukas Muhaemin. (D. Vistasio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *