Perpustakaan Keliling Satgas Pamtas Yonif MR 411 Dirindukan Anak Sekolah

JAKARTA — Perpustakaan keliling yang digagas Satgas Pamtas Yonif 411/Pandawa Kostrad beberapa waktu yang lalu, kembali dirindukan anak-anak sekolah di Yanggandur, Papua.

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Merauke, Papua, Sabtu (16/11/2019).

Dansatgas mengatakan, sekolah yang pertama kali di
datangi oleh “Perpustakaan Keliling” yakni SD YPPK ST FX Yanggandur dan SMP Persiapan Negeri Yanggandur di bulan Agustus lalu, semua menyambutnya dengan antusias. Setelah tiga bulan berjalan, salah seorang guru menyampaikan ke Danpos Yanggandur, bahwa siswa-siswinya ingin perpustakaan keliling Satgas datang lagi ke sekolahnya.

Lanjutnya, untuk menjawab dan mengobati kerinduan siswa-siswi dua sekolah yang berdekatan tersebut, pada hari Jumat (15/11/2019), personel Pos Yanggandur dipimpin Danpos Yanggandur Serka Supriyadi menghadirkan kembali “Perpustakaan Keliling” yang merupakan inovasi dari Satgas, dengan menyulap sebuah mobil Truk dinas menjadi jendela ilmu dengan ratusan judul buku yang dibawanya.

“Kegiatan tersebut adalah untuk membangun minat baca, memperluas pengetahuan dan wawasan bagi siswa, tak hanya membawa buku bacaan, kami juga putarkan film perjuangan untuk menumbuhkan motivasinya, tak cukup itu, untuk menambah asupan gizi, personel Pos Yanggandur juga membagikan bubur kacang hijau kepada siswa-siswi,” ucap Rizky.

Lulusan Akmil 2003 tersebut menambahkan, berbagai program dibidang pendidikan kita lakukan untuk menarik pelajar supaya terus berprestasi, baik melalui bimbingan belajar, menyulap rumah pintar menjadi PAUD, membantu mengajar di sekolah, dan juga Perpustakaan Keliling, semuanya telah berjalan dengan baik, hal tersebut tentunya demi mendukung para generasi penerus bangsa untuk berprestasi dan mewujudkan cita-cita mereka kelak.

Terpisah, Letda Inf Mohammad Rizal D.K selaku kordinator perpustakaan keliling yang datang bersama personel Pos Kout mengatakan, perpustakaan keliling ini merupakan program untuk mencerdaskan anak-anak sekolah di perbatasan, mendatangi sekolah-sekolah baik SD maupun SMP dengan harapan dapat menjadi jendela ilmu pengetahuan bagi pelajar.

Sementara itu ucapan terima kasih datang dari Kepala Sekolah SD YPPK ST FX Yanggandur Emerikus Renyaan, S.Pd., kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad, untuk kedua kalinya perpustakaan keliling telah datang lagi ke sekolahnya.

“Kehadiran perpustakaan keliling ini menjadi semangat tersendiri bagi siswa-siswi kami, perubahannya pun dapat dirasakan oleh para guru, siswa kami menjadi semakin rajin dan mendorong peningkatan kemampuan membaca mereka,” pungkas Emerikus. (Ikh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *