Airlangga Dampingi Wapres Ma’ruf Berkunjung ke Bali Hadiri Rapimnas KADIN

Foto: Istimewa

Nusa Dua – Airlangga Hartarto berkunjung ke Bali mendampingi  Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin  menghadiri pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) 2019 di Hotel The Westin Resort Nusa Dua, Bali, Jumat, (29/11).Hadir dalam kegiatan itu Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI  La Nyalla Mattalitti, Menteri Negara BUMN  Erick Thohir, dan Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani.

Dalam pembukaan acara tersebut,  Wakil Presiden KH Maruf Amin mengajak kalangan pelaku usaha yang tergabung dalam KADIN untuk dapat bersinergi positif dengan pemerintah memperbaiki perekonomian nasional.

Airlangga menyampaikan bahwa pemerintah tengah berupaya menciptakan iklim investasi yang lebih baik. Paralel dengan hal itu. Ia berharap KADIN dapat membantu penguatan dan pendampingan terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa ikut tumbuh dan naik kelas seiring perkembangan ekonomi dan investasi tersebut, harapkan.

Tambahnya, peran serta KADIN dalam meningkatkan kapasitas SDM pelaku usaha dan tenaga kerja sangat dibutuhkan. Sebagaimana yang menjadi pesan Presiden Joko Widodo bahwa tenaga kerja Indonesia harus memiliki kompetensi sesuai kebutuhan industri nasional. Pendidikan, pelatihan dan vokasi adalah kunci penguatan SDM dan kemajuan ekonomi.

Sementara itu Ketua Umum Isarah, Adheri Zulfikri Sitompul SH mengatakan, Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau disingkat KADIN Indonesia, adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian dari hulu hingga ke hilir.
Prakarsa pendirian KADIN tidak bisa dilepaskan dari peran pemerintah memudahkan koordinasi kepentingan ekonomi nasional dan daerah antara kelompok elite penguasa (birokrat) dengan pelaku ekonomi. Ini sesuai dengan perkembangan yang sudah lama terlaksana, katanya.

Ketua Umum Isarah, Adheri Zulfikri Sitompul SH (AZS).

Tambah AZS, Kadin yang berfungsi sebagai organisasi khusus dan legal mewadahi pelaku usaha di Indonesia membuat khalayak juga perlu memahami keterlibatan mereka sebagai aktor utama perdagangan dan industri di level daerah. Tentunya sesuai dengan target penguatan ekonomi di dalam negeri melalui UKM serta mengurangi Impor yang dicita- citakan dan menjadi target kerja Jokowi yang di implementasikan Airlangga Hartarto selaku MENKOEKUIN dengan hadir bersama Wapres RI, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI  La Nyalla Mattalitti, Menteri Negara BUMN  Erick Thohir, dan Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani, di Hotel The Westin Resort Nusa Dua, Bali.

Masih menurut AZS, untuk meningkat kan sinergitas KADIN bersama pemerintah menjadikan Indonesia memiliki ketahanan ekonomi yang sangat kuat dan diperhitungkan olen Negara lain, yakni dengan menumbuhkembangkan UMKM secara nasional dan meningkatkan investasi secara merata di daerah daerah yang memiliki potensi SDM dan SDA yang luar biasa. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *