Sat. Jan 18th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Penadatanganan MoU Antara Terampil dan Wiranesia Inkubator 2019

RMNews Jakarta – PT Anak Bangsa Terampil atau yang lebih dikenal dengan Terampil dengan Wiranesia Foundation sepakat bersinergi dan berkolaborasi untuk menjawab kebutuhan darurat UMKM Indonesia dalam hal pendampingan dan penyediaan pelatihan berkualitas berbasis online agar mudah diakses dari seluruh penjuru Indonesia. Pelatihan berbasis online ini diharapkan mampu menjangkau UMKM di seluruh Indonesia yang jumlahnya mencapai lebih dari 60 juta karena dengan jumlah yang sedemikian banyak akan sangat sulit untuk dilakukan secara tradisional atau tatap muka. Di dalam platform pelatihan Terampil nantinya akan ada pelatihan-pelatihan yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pengembangan masing-masing UMKM.Selasa 30 Desember 2019.

Pengesahan kolaborasi tersebut dilakukan melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama yang dilakukan di Kantorkuu Co-Working Space Citywalk Gajah Mada, Senin 30 Desember 2019. Kerjasama ini diinisiasi oleh Founder & CEO Terampil, Amrullah Azmy dan Founder & CEO Wiranesia Foundation Faransyah Agung Jaya dengan dihadiri oleh Co-founder Terampil lainnya, serta para pelaku bisnis UMKM yang datang dari beberapa daerah Indonesia seperti Jakarta, Tangerang, Bali, Karawang, Nusa Tenggara Timur, Bandung serta beberapa daerah lainnya.

Salah satu pelaku UMKM Ibu Yosephine asal Nusa Tenggara Timur mengatakan sangat senang dengan adanya kerjasama ini karena selama ini mereka mengaku kesulitan mendapatkan pelatihan berkualitas, biaya pelatihan dan akomodasi yang mahal serta sulitnya mencari waktu untuk belajar ilmu baru. Dengan adanya kerjasama ini Ia berharap dapat meningkatkan keterampilan bisnisnya dengan belajar melalui platform pelatihan online milik Terampil dimana saja dan kapan saja sehingga UMKM-nya bisa naik kelas.

Acara penandatanganan kolaborasi ini merupakan bentuk komitmen bersama antara Terampil dan Wiranesia Foundation dalam mendorong para pelaku UMKM untuk ‘naik kelas’ dan mampu bersaing dengan perusahaan yang lebih besar dalam dan luar negeri. Dengan adanya semangat dalam kerjasama ini, diharapkan pelaku UMKM dapat mengembangkan potensi, belajar lebih giat dan berorientasi pada saling mendukung, sehingga UMKM ini dapat menciptakan sebuah ekosistem bisnis yang dapat menciptakan pasar yang luas serta mampu menjadi Tuan Rumah di negeri sendiri.

Faransyah atau yang akrab disapa Coach Faran mengatakan: “Untuk bisa bersaing para pelaku UMKM ini perlu membekali diri dengan berbagai keterampilan bisnis dan merubah pola pikir yang salah menjadi benar sehingga mampu menghadapi persaingan di dalam negeri bahkan mengekspor produk-produknya ke luar negeri. Disinilah peran signifikan Terampil sebagai edu-tech startup yang fokus di bidang pengembangan sumber daya manusia berbasis e-Learning masuk menjadi mitra dan supporter utama UMKM dalam membantu mereka meningkatkan keterampilan bisnis.

Wiranesia Foundation akan berperan aktif dalam melakukan pendampingan intensif dan Terampil akan fokus pada penyediaan dan pembaharuan pelatihan online untuk bekal UMKM naik kelas. Dalam sesi diskusi, CEO Terampil Amrullah Azmy, juga mengajak para pelaku UMKM yang sudah berpengalaman dan naik kelas untuk bergabung menjadi trainer di platform terampil dengan membagikan pengalaman dan ilmu mereka kepada UMKM lainnya.

Platform Terampil sendiri baru akan diluncurkan pada awal Februari 2020 nanti. Penandatanganan kerjasama ini merupakan langkah awal dan gerak cepat bagi Terampil dalam menginjakkan kakinya di Indonesia sebagai platform pelatihan online dan Pusat Pengembangan SDM. CEO

Terampil Amrullah Azmy mengatakan, “dengan penandanganan kerjasama ini maka sesaat setelah diluncurkan kami langsung berlari kencang salah satunya adalah membantu pemerintah Kota Bekasi yang sudah bekerja sama dengan Wiranesia beberapa waktu lalu dalam menciptakan dan membantu meningkatkan keterampilan bisnis 150.000 UMKM.” Terampil dan Wiranesia juga berencana melanjutkan program pendampingan dan penyediaan pelatihan online berkualitas ke banyak kota besar lainnya dengan dukungan pemerintah setempat.

Inti dari kerjasama ini adalah mencapai visi besar dalam membantu UMKM di seluruh Indonesia. Dengan penandatanganan kerjasama ini, para pelaku UMKM dapat menggunakan platform Terampil secara maksimal dan mendapatkan pendampingan dari Wiranesia untuk mendorong kemajuan UMKM, baik secara badan usaha maupun dari individunya. Kerjasama ini merupakan langkah awal dan komitmen kedua entitas dalam mendukung program Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan sumber daya manusia yang maju dan menjadikan UMKM sebagai salah satu pilar utama peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Tentang PT. Anak Bangsa Terampil :
PT. Anak Bangsa Terampil atau lebih dikenal dengan Terampil adalah startup yang fokus dibidang pengembangan dan pelatihan Sumber Daya Manusia untuk kalangan pekerja, professional dan entrepreneur, yang di dalamnya memiliki 3 (tiga) layanan yaitu online training, in-house training dan blended training atau pelatihan campuran. Terampil memberikan rekomendasi rencana pelatihan bagi penggunanya, sehingga pelatihan yang diambil sesuai dengan gap kompetensi yang dimiliki dan tersertifikasi resmi. Terampil kedepannya akan menjadi People Development Center (PDC) berbasis online. PDC ini merupakan yang pertama di Indonesia dan bahkan di Asia Tenggara, yang menjadikan Terampil terdepan di bisnis edukasi online. Terampil didirikan oleh Amrullah Azmy dan teman kuliahnya Ferdiansyah Habibullah. Amrullah sendiri adalah seorang People Development Expert dengan gelar pendidikan Psikolog Industri & Organisasi dan pengalaman lebih dari 8 tahun. Ia memiliki passion yang sangat kuat di bidang pengembangan SDM dan bercita-cita menjadikan SDM Indonesia hebat; karena menurutnya, bangsa yang hebat terdiri dari orang-orang yang hebat pula.

*Tentang Wiranesia Foundation:*
Wiranesia Foundation atau Yayasan Wirausaha Sosial Teknologi Indonesia adalah think thank untuk menciptakan pusat tumbuh kembang atau inkubator khusus UMKM untuk menciptakan wirausahawan baru dan wirausahawan naik kelas dengan memanfaatkan teknologi digital dan penerapan platform industri 4.0. Wiranesia didirikan oleh Dr. H. Faransyah Agung Jaya, SE, MSF, ACC dan bertujuan untuk menciptakan kewirausahaan bagi kaum muda sesuai dengan minat, bakat, potensi pemuda, potensi daerah, dan arah pembangunan nasional. Coach Faran sebagai akademisi dengan pengalaman bekerja di beberapa perusahaan multinasional seperti Nokia, Publicis, dan Microsoft plus pengalaman menjalankan bisnis di dunia investasi menjadikannya pembicara publik yang populer yang sering berbicara tentang ekonomi dan kewirausahaan dan saat ini ditunjuk sebagai anggota Dewan Riset Daerah DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies Baswedan.(Monti/Red)