Thu. Feb 27th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Soal Dugaan Catut Nama Ketua Forum, Sejumlah Ketua LSM di Barru Geram

Rakyatmerdekanews.com, Barru – Lembaga Swadaya Masyarakat yang ada di Kabupaten Barru yang tergabung dalam forum LSM Kabupaten Barru,merasa sangat kecewa dengan adanya Oknum yang mengatasnamakan Ketua Forum,meminta jatah Proyek dan mendatangi sejumlah Kepala SKPD dan pengusaha tertentu untuk meminta sesuatu.Beberapa Ketua Organisasi Masyarakat (Ormas) yang tergabung dalam ” Forum Silaturahim ” Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) angkat bicara, Senin 20 Januari 2020.

Ketua Umum DPP Asura ” Erwin “,Ketua DPC Kab. Barru Laki ” Andi Agus ” dan Ketua DPC Kab. Barru Gerak Indonesia ” Firman ” Angkat bicara terkait adanya oknum ketua Ormas/Lsm (tergabung dalam forum-red) yang diduga kuat mengerjakan proyek dan memanfaatkan nama Forum.

Ketua DPC Laki Andi Agus saat ditemui senin sekitar pukul 11:10 wita (1/20) di belakang gedung Islamic Center mengatakan,”ketua Forum sudah tidak ada, yang ada hanya koordinator forum sesuai dengan hasil rapat beberapa waktu yang lalu.

Lanjut Pak Andi,” koordinator itu artinya seketika ada kegiatan forum maka dia sebagai pembicara di dalam kegiatan itu.

“Karna yang tergabung dalam forum semua ketua, jadi semuanya bisa jadi koordinator tergantung bidannya masing-masing seketika ada pertemuan,” ucap Ketua Laki.

Di tempat yang sama Ketua DPP Asura Erwin juga mengatakan,” jadi kalu ada yang mengatasnamakan ketua forum itu tidak benar karena ketua forum tidak ada lagi.

Melalui wakil ketua DPC Gerak Indonesia M. Kadri juga menyampaikan,” kami dari Gerak bergabung dalam forum silaturahim , hanya ingin lebih mempererat hubungan Silaturahim antara lembaga yang ada di Barru khususnya.

“Jadi kalu ada oknum yang mengatasnamakan Ketua forum dan minta proyek atau apa saja itu tidak ada dalam agenda teman-teman forum,”tambahnya.

Di ketahui sebelumnya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tergabung dalam Forum LSM se Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) gelar diskusi bersama tudang sipulung di taman Gedung Islamic Centre, Barru, Rabu (25/9/2019) sekitar pukul 14.00 WITA.

Dalam diskusi forum ini menyusun agenda perubahan sistem manajemen yang sebelumnya ‘ketua forum’ menjadi ‘koordinator kegiatan forum’.

Sementara salah satu anggota Forum Ir Samid yang juga ketua LSM HIB menambahkan bahwa dengan adanya perubahan sistem yang dilakukan bisa disepakati bersama.

“Kita lakukan hari ini, dan yang kita sepakati bahwa koordinator kegiatan akan berganti sesuai dengan tupokasi-nya masing-masing, jadi dalam hal ini [forum-red] tidak ada lagi anak buah, semua ketua,” ucapnya.

“Jadi kalau ada yang mengatasnamakan ketua forum itu tidak ada,” tegasnya.

Diskusi forum LSM ini dihadiri, yakni LSM LIRA,LSM LAKI, LSM LP HAM, LSM GERAK INDONESIA, LSM ASR, LSM LP3D, LSM APKAN, LSM LKPK dan LSM HIB.

Dalam diskusi ini para pengurus forum menyetujui beberapa poin di antaranya, tidak adanya lagi ketua forum, namun yang hanya ada koordinator forum, sedangkan sekretaris dan bendahara tetap ada di dalam forum. Hal ini sangat jelas,jadi mohon kepada seluruh jika ada oknum yang mengatasnamakan Ketua Forum,mohon untuk tidak dilayani,sebab Forum akan melakukan koordinasi kepada siapapun berdasarkan Kesepakatan Forum,ada Koordinator yang ditunjuk dan ada anggota yang mendampingi jadi Garum Silaturrahmi LSM Kabupaten Barru selalu membuat Tim jika mengatasnamakan Forum Silaturrahmi LSM Kabupaten Barru,Tegas Samid. (AM)