Fri. Apr 10th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Terkait KAS , Dua Wartawan Purworejo Diperiksa Sebagai Saksi

RMNews.com, Purworejo –Dua wartawan Purworejo di periksa penyidik Ditreskrimum Polda Jateng Mereka adalah Edy Suryana (tv one) dan Hery Priyantono (beritamerdekaonline.com). Keduanya diperiksa di Mapolres Purworejo, Selasa (21/1/2020).

Mereka dimintai keterangan sebagai saksi karena dalam pemeriksaan terdahulu, Fanni Aminadia yang mengaku sebagai Ratu Keraton Agung Sejagat, tidak mengakui kalau pihaknya mengundang wartawan untuk pers rilis. Demikian dijelaskan Edy Suryana usai diperiksa.

“Penyidik memberi 24 pertanyaan kepada saya. Intinya kami dimintai keterangan terkait dengan tersangka yang menyangkal bahwa kami telah menyebar berita bohong (hoax). Tersangka menyebut wartawan tidak diundang, saya membawa bukti-bukti berupa press rilis yang dibuat oleh pihak Keraton Agung Sejagat dan souvenir berbentuk pin dengan gambar Sinuhun Raja Keraton Agung Sejagat,” jelas Edy sambil menunjukan barang bukti.

Sementara itu, Heri mengungkapkan, secara pribadi dia diundang melalui pesan whatsapp dari sebuah nomor yang mengaku humas Keraton Agung Sejagat.

“Sebenarnya saya menulis berita soal kirab yang tidak memperoleh ijin dari pihak berwenang di Purworejo, pada Jum’at malam (10/1). Saat itu saya menulis Komunitas Keraton Agung Sejagat, namun mereka memprotes dengan sebutan komunitas,” terang Heri yang diberi 27 pertanyaan oleh penyidik.

Dalam undangan via pesan singkat tersebut, pihak Keraton Agung Sejagat menyatakan pihaknya akan memberikan hak jawab/klarifikasi pemberitaan.

Hak klarifikasi tersebut, akan dihadiri oleh Kanjeng Sinuwun Rakai Mataram Agung Joyokusumo Wangsa Sanjaya Sri Ratu Indratanaya Hayuningrat Wangsa Syailendra yang dilaksanakan pada hari Minggu (12/1) .

Pemeriksaan dilakukan oleh tim penyidik Polda Jateng terhadap 7 orang saksi di yang berlangsung di Mapolres Purworejo.

Mereka terdiri dari Empat orang saksi dari Keraton Agung Sejagat, dua orang saksi wartawan dan seorang saksi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo. (Kun).