Mon. Apr 6th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Pangkas Waktu Tunggu Pesawat, Presiden Resmikan Landasan Pacu ke- 3 Bandara Internasional Soetta

Rakyatmerdekanews.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan landasan pacu ketiga Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, kemarin, Kamis (23/1).

Dikatakan Presiden dengan penambahan landasan pacu ini, kapasitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta — salah satu bandara tersibuk di dunia — meningkat jadi 114 pergerakan pesawat per jam, dari sebelumnya 80 pergerakan per jam.

Bersamaan dengan itu, turut diresmikan fasilitas east cross taxiway (ECT), jalur penghubung landasan pacu selatan dan landasan pacu utara melalui sisi timur bandara. ECT ini melengkapi west cross way di sisi barat yang sudah dibangun 35 tahun lalu.

Jokowi menjelaskan beroperasinya ECT memangkas waktu tunggu pesawat yang akan lepas landas dan mendarat, juga memudahkan pergerakan pesawat menuju apron di Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, jelasnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang Bandara Soekarno-Hatta di masa mendatang, kita sudah pula merencanakan pembangunan Terminal 4. Desainnya sedang diselesaikan. Saya berharap paling lambat awal 2023 kita punya terminal yang keempat. (Red)