Mon. Sep 28th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Atasi Keluhan UMKM, Gibran Perlu Obrolan Lebih Lanjut Untuk Carikan Jalan Keluar 

SOLO – Gibran Rakabuming Raka (32) melakukan diskusi dengan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, ternyata salah satu yang menjadi keluhan para UMKM itu diantaranya soal alat produksi.
Persoalan UMKM dua kampung yang pernah dikunjungi putra sulung Presiden Jokowi itu yaitu, Danukusuman dan Mojosongo, mereka mengeluhkan tentang alat produksi bukan permodalan.
“Kemaren ketika saya menyambangi UMKM di Purbowardayan, Kecamana Jebres saya mendapatkan pertanyaan tentang cara mendapatkan permodalan usaha dari perbankan, “ujar Gibran, (25/1).
Untuk akses permodalan, lanjut Gibran, pemerintah melalui lembaga perbankan sudah memiliki banyak alternatif skema yang bisa diakses pelaku usaha, termasuk pinjaman tanpa agunan yang dikenal dengan KUR.

Sepertinya, perlu obrolan lebih lanjut untuk mencari jalan keluar atas masalah-masalah mereka. Masalah yang dihadapi pengrajin sangkar burung pasti berbeda dengan usahawan kuliner. Usaha kuliner pun terbagi lagi atas produk yang masa kedaluwarsanya singkat, hingga yang awet bertahan hingga berbulan-bulan.

“Semoga, kelak saya bisa membantu mempertemukan mereka dengan pendamping teknis, ahli pemasaran, hingga pihak-pihak yang bisa menyediakan bantuan modal dengan bunga sangat rendah, agar semua bisa tumbuh bersama, “ucap Gibran.

Sejarah telah mencatat, ketika krisis ekonomi menimpa seluruh penduduk dunia, banyak pengusaha besar kita kolaps. Dan, industri perbankan kita justru selamat karena keberadaan sektor UMKM itu. (Tim)