Sun. Feb 23rd, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Februari 2020, Tilang Elektronik Resmi Diterapkan di Jalur TransJakarta 

Rakyatmerdekanews.com , Jakarta – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya berencana memperluas penerapan tilang elektronik (electronik traffic law enforcement/ETLE) segera terwujud, yang terhitung mulai 1 Februari 2020, akan diterapkan di jalur Transjakarta.

Kepala Ditlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan, tahap awal, tilang elektronik di jalur Transjakarta ini diberlakukan dikoridor Ragunan – Dukuh Atas 2, untuk alasan utamanya, karena jalur tersebut kerap terjadi pelanggaran lalulintas, terutama mobil dan sepeda motor melintas di area tersebut, kedepannya harapan kami bisa diterapkan di semua koridor Busway, ujarnya (27/01/20).

Ia menegaskan, penerapan tilang ini bukan hanya berlaku pada mobil, tetapi sepeda motor juga bisa kena penindakan karena kamera yang sudah dipasang secara otomatis akan mengirimkan data ke pusat untuk segera ditindaklanjuti, pelanggar yang tertangkap kamera ETLE menerobos busway akan dikirimi surat konfirmasi ke alamat yang sesuai dengan surat tanda nomor kendaraan (STNK),”ujar Kepala Ditlantas Polda Metro Jaya.

Ditambahkan, pemilik kendaraan yang dikirimi surat tersebut, diberikan tenggang waktu untuk konfirmasi selama dua pekan. Dan apabila tidak ada konfirmasi sampai batas waktu yang ditentukan, polisi akan melanjutkan proses ketahapan selanjutnya, yakni pengiriman berkas kekejaksaan. Selain itu, kamera tilang elektronik juga mempersempit ruang gerak bagi pelaku kejahatan atau pencuri kendaraan bermotor. Selain di jalur Transjakarta, penerapan tilang elektronik di wilayah yang sudah lebih dulu menerapkan akan diberlakukan bagi pengendara motor, tambahnya.

Sementara itu, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, tahapannya selama pekan pertama Februari 2020 dilakukan sosialisasi. Setelah itu, masuk pekan kedua bulan depan langsung dilakukan penindakan dan mekanismenya dibuat mirip seperti penerapan tilang elektronik untuk pengemudi mobil, ujarnya.

Dijelaskan, mengenai rencana ETLE di DKI Jakarta yang akan berlaku untuk semua plat nomor, jika sampai saat ini tahapannya masih terus dilakukan, paling utama adalah pengintegrasian data, prosedurnya hampir sama dengan mobil, ada pelanggaran rambu, marka, dan ditambah pengunaan helm, untuk pemberlakukan menyeluruh di luar plat Jakarta, saat ini kita masih dalam tahap, rencana integrasi data di Februari, jadi bulan depan itu baru untuk motor saja, jelasnya. (Fachri)