Wed. Apr 8th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Jelang Haul Abah Guru Sakumpul Ke – 15, TNI Bersama Sekda Kabupaten Banjar Bahas Penanganan Sampah

MARTAPURA – Mempercepat solusi penanganan sampah saat jelang dan sesudah Haul Abah Guru Sakumpul Ke – 15, Dinas lingkungan Hidup Kabupaten Banjar melaksanakan rapat koordinasi beberapa instansi terkait yang berlangsung di Aula Barakat Sekda Banjar, Selasa (27/1/2020) pukul 15.30 wita.

Rapat dipimpin Sekda Kab. Banjar Mokhamad Hilman tersebut dalam rangka pelaksanaan Haul Guru Sekumpul pada tanggal 29 Pebruari dan 1 Maret 2020 mendatang.

Dalam rakor membahas secara detail penanganan sampah. sejumlah langkah cepat penanganan sampah diputuskan Sekda.

Selain itu sekda Banjar saat itu juga memerintahkan Dinas Lingkungan hidup mempersiapkan alat dan sarana, karena estimasi massa jama’ah yang hadir sekitar 2,5 juta orang dan akan diperkirakan sampah sekitar 750-850 Ton.

Dalam himbauannya jama’ah agar membawa tumbler untuk mengurangi volume sampah plastik dan Styoform

” Diharapkan dari partisifasi dari TNI Polri, Instansi pemerintah dan Relawan masyarakat.Selain personel,sarana yang dibutuhkan dalam penanganan sampah berupa, Armada Truk, Dumptruk, Eskavator mini dan Tossa Roda 3,” Ungkap Hilman.

Sementara itu Dandim 1006/ Mtp
melalui Pasi Ter Kapten Inf Syafril Anwar menyampaikan pelaksanaan penanganan sampah pada 2 Maret 2020 Pasca pelaksanaan haul, agar ditempat sepanjang Jalan A.Yani hingga Simpang Empat Sekumpul di berikan sarana tong sampah, karena di area tersebut tumpukan sampah sangat banyak,” terangnya.

“Sangat perlu keterlibatan OPD lain seperti PU, Bappeda dalam penanganan sampah karena menurut kami penanganan sampah tidak bisa dilakukan hanya oleh TNI satu OPD saja namun harus bergerak bersama, mulai dari perencanaan” pungkasnya. (Ikh)