Thu. Apr 2nd, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Polisi Gulung 11 Komplotan Ranmor, 9 Pelaku Diterjang Timah Panas

JAKARTA – Polisi berhasil meringkus komplotan pencuri kendaraan bermotor (Curanmor) asal Johar Baru, Jakarta Pusat.

Subdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap 11 pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor), yang berasal dari tiga kelompok berbeda. Dari 11 pelaku, sembilan diantaranya terpaksa ditembak kakinya karena mencoba melarikan diri saat akan ditangkap.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, 11 pelaku ditangkap dari sejumlah lokasi yang berbeda. Mereka diamankan dalam jangka waktu dua minggu terakhir.

Pertama, dari kelompok Johar Baru polisi menangkap lima pelaku berinisial Ys alias J pemetik atau yang mengambil motor, SP mengawasi TKP, AA dan Y bertugas menjadi joki untuk antar jemput, dan DR bertugas sebagai penadah. Barang bukti yang berhasil disita ada lima unit sepeda motor, ponsel dan kunci letter T.

“Modus pelaku dengan mencongkel gembok pagar. Mereka berjalan kaki di kawasan Jakarta Pusat dan Jakarta Timur, setelah melihat sasaran nanti datang pemetik dan setelah berhasil mengambil motor lalu dijemput,” ujar Yusri di Mapolda Metro Jaya, Rabu (29/1/2020).

Menurut Yusri, kelompok ini hampir tiap hari berhasil menggasak motor korbannya. Sampai sekarang polisi masih mengembangkan kasus ini, bukan tidak mungkin akan ada tambahan tersangka.

Nantinya, hasil penjualan motor curian akan dibagikan dengam jumlah yang berbeda kepada setiap tersangka.

“Sistem pembagiannya adalah pemetik mendapat Rp 700.000 sampai dengan Rp 1 juta, sementara yang lain (mendapatkan) Rp 100.000 sampai Rp 200.000,” ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (29/1/2020).

Kelima tersangka diketahui biasa beraksi di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Timur. (Fachri/Hanny)