Wed. Feb 19th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Peringati HPN 2020, Ini Aksi yang Dilakukan Pewarta Purworejo 

RMNews, Purworejo –Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, Pewarta Purworejo bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo megadakan bakti sosial. Kegiatan tersebut dilaksanakan Senin (10/2).

Ketua Pewarta Purworejo Edy Suryana menjelaskan , bahwa kegiatan pagi hari ini dimulai dengan foging dan lavarsida di Desa Kaliboto, Kecamatan Bener dan MTsN 2 Purworejo di Bener.
Terpilihnya MTsN 2 karena ada empat guru dan empat murid yang terkena demam dengue (DD) yang pemyebab dan gejalanya sama dengan demam berdarah (DB), ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dr. Sudarmi melalui Kasie Penanggulangan Penyakit Triyo Darmaji menjelaskan bahwa perbedaan, pasien DD dengan DB adalah tidak ada kenaikan hematokrit kurang 20% dan penurunan trombositnya sampai di bawah 100.000.
“Kami memilih sekolahan karena warga sekolah berasal dari berbagai daerah, jika ada yang terkena DD/DB, dikhawatirkan dapat menularkan di rumahnya,” jelas Triyo Darmaji.

“Kegiatan hari ini adalah pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan foging. Dari hasil pengamatan tim dari Dinkes, di pot bunga banyak jentik, tolong bagian bawahnya dilubangi agar airnya tidak menggenang dan dijadikan sarang nyamuk,” jelasnya.

Lebih lanjut Triyo menjelaskan selain pot-pot bunga, bagian lantai tempat wudlu juga banyak jentik nyamuknya. Dia juga meminta agar seminggu sekali tempat wudlu dibersihkan, karena jika lebih dari seminggu jentik akan timbul lagi.
“Yang terpenting adalah PSN, kalau foging hanya memberantas nyamuk yang terbang. Karena dengan PSN, telur nyamuk akan hilang. Nyamuk dewasa paling berumur satu bulan, padahal satu nyamuk bisa memeiliki larva 150-300. Jadi telur nyamuk harus dibasmi, kalau jentiknya tidak ada kan nyamuk hilang,” lanjut Triyo.

Menanggapi permintaan dari pihak Dinkes, Parino koordinator guru BK MTsN 2 menyatakan siap menindaklanjuti. Pihaknya akan melakukan pembersihan lingkungan sekolah seminggu sekali. Dia juga akan membuat lubang pada pot-pot bunga yang menjadi hiasan sekolah.”Kami akan menindak lanjuti petunjuk dari dinas kesehatan ,”ungkapnya.

Usai acara fogging dan larvasida , rombongan Pewarta Purworejo melanjutkan kegiatan bakti sosial dengan mengunjungi salah seorang keluarga wartawan senior yakni almarhum Syaiful Zein di wilayah Desa Ketangi, Kecamatan Purwodadi , Kabupaten Purworejo. (Kun)