Sat. Jul 11th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Iosif Siarhei, di Indonesia Minim Peminat Musik Klasik

RMnews, Jakarta –
Pada era sekarang musik klasik nampak minim peminatnya di negeri ini. Hal ini dirasakan oleh Iosif Siarhei, seorang pengajar piano klasik berkelas internasional yang beristrikan orang Indonesia dan berencana akan menetap disini. “Padahal musik klasik ini cikal-bakal dari lahirnya aliran musik yang lain,” jelas Iosif yang diterjemahkan sang istri, Indri Melinda.

“Sebenarnya banyak orang tua di Indonesia yang mensuport anak anaknya dengan menyekolahkan anaknya belajar musik klasik, seperti di sekolah musim Yamaha, Al-Farabi dan yang lainnya,” ungkap Indri mewakili suaminya ketika ditemui RMnews di kawasan Jakarta barat (14/02/2020).

Lebih jauh pengajar piano profesional asal Belarusia ini menjelaskan (yang diterjemahkan istrinya). “Saya lihat disini belum naungan atau wqdah bagi musisi klasik. Masa depan pemain klasik disini terbatas hanya sampai pengajar saja. Kesempatan untuk tampil dalam sebuah konserr khusus musik agak sulit karena jarangnya ajang pertunjukan musik klasik ini dilakukan.”
Bisa dibenarkan, dengan tidak adanya wadah buat para pemusik klasik membuat kekhawatiran para orang tua yang mensuport anaknya.

“Seandainya pihak pemerintah atau swasta dengan serius turun tangan untuk membentuk wadah, mungkin mereka akan mendapat tempat di hati masyarakat kita.
Seperti diketahui, sudah cukup banyak anak anak Indonesia yang meraih prestasi dunia internasional, salah satu nya Kevin yang mengharumkan Indonesia dalam kejuaraan dunia musik piano klasik parda usia 15 tahun.

“Tapi kenapa mereka disini tidak mendapatkan perhatian dan fasilitas yang cukup untuk mengembangkan karirnya di negeri sendiri,” tegas Iosif mengakhiri bincang bincang dengan RakyatMerdekanews.com
Selamat datang sang profesor. Semoga dengan kehadiranmu di Indonesia, musik klasik dapat lebih berkembang dan dicintai masyarakat kita. (MA Soleh/Amin Bearland)