Wed. Apr 1st, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Melanggar Larangan BPJS Ketenagakerjaan? Bakal Terima Sanksi Pencopotan 

Rakyatmerdekanews.com, Serang – Terkait larangan tidak diperbolehkan nya dilakukan oleh agen perisai BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) dan penandatanganan surat perjanjian gencar melakukan sosialisasi. Selain juga dilakukan serah terima seragam dan lain sebagainya, Rabu (19/2/2020).
Hal itu dimaksudkan karena ada beberapa hal ketika melanggar larangan yang sudah ditetapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga, salah satunya bakal dikenakan sanksi dan bisa dilakukan pencopotan atau sistem keagenan nya maupun hak-hak nya, sekaligus sistem bisa non aktif secara otomatis.
Dalam rangka sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan juga terkait banyak manfaat positif nya. Salah satu misal;
(1) JKM dari 24 juta bagi peserta meninggal karena sakit menjadi 42 juta.
(2) Kepesertaan 5 tahun aktif dalam iuran nya dulu tahun 2019. Sedangakan, bagi peserta meninggal karena saki dan apabila memiliki anak yang masih sekolah maka mendapat santunan bea siswa dari BPJS Ketenagakerjaan 12 juta untuk 1 orang anak.
Saat ini tahun 2020, bea siswa menjadi 2 orang anak dengan mendapatkan santunan 174 juta. Dan kepesertaannya pun turun selama aktif iuran dari 5 tahun. Dan sekarang 3 tahun,
begitupun peserta meninggal akibat kecelakaan kerja yng berhubungan dengan kerja salah satunya manfaatnya 48 bulan x sesuai gaji dasar. Dan tambah bea siswa 2 orang anak 174 juta. Selain itu masih banyak manfaat lain yang dinilai sangat membantu bagi masyarakat.
Sedangkan dulu haya formal, ya itu penerima upah misal contoh pekerja di perusahaan-perusahaan yang dapat menerima manfaat atau menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dan sekarang ada yang namanya informal atau BPU (bukan penerima upah) semisal, kerja serabutan contohnya (petani/ pekebun/nelayan/gojek/sopir/pedagang/kuli bangunin/marbot mesjid) dan lain sebagainya.
Jadi, masyarakat biasa pun kini bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan manfaatnyapunb sangat luar biasa. Ketika peserta aktif iuran misalnya;
1. Kecelakaan kerja JKK (jaminan kecelakaan kerja) di obati hingga sembuh
2. JHJ.(jaminan hari tua) peserta bisa menabung.
3. JKM Jaminan kematian manfaatnya sesuai keterangan di atas.
3. JP (jaminan pensiun)itu bagi peserta penerima upah.
4. STMB surat tidak mampu bekerja diakibatkan kecelakaan yang belum kunjung sembuh selama 12 bulan maka akan mendapat santunan 100 persen dari gaji yang dilaporkan. Dan jika pun masih tidak mampu bekerja lebih dari 12 bulan, maka 50 persen akan dibayarkan dari iuran yang di laporkannya setiap bulan hingga sembuh.
Cacat total di akibatkan kecelakaan kerja itupun sama mendapat santunan.
dan santunannya akan di perhitungkan sesuai dengan cacatnya oleh pihak BBJS Ketenagakerjaan.
dan masih ada beberapa manfaat yng lain nya dari BBJS Ketenagakerjaan.
Hal ini sangat membantu bagi masyarakat dan seluruh agen perisai BBJS Ketenagakerjaan yang saat ini menjadi namanya (BPJamsostek).(Adv/Yani)