Fri. Jun 5th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Gibran Nikmati Pertunjukan Ketoprak, ‘Mari Kita Kembali Menyukai Kesenian Tradisional’

Rakyatmerdekanews.com, Solo – Calon Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka (32 thn), Jumat malam lalu menonton pertunjukan Ketoprak Ngampoeng di panggung terbuka Taman Balekambang, Surakarta. Ini merupakan seni drama yang bercorak lokal yang kuat.
Gibran menuturkan, tak jauh dari panggung terbuka, juga ada panggung tertutup untuk pentas rutin Ketoprak Balekambang. Itu adalah bagian dari upaya melestarikan kesenian tradisional, tuturnya.

Lebih jauh Putra sulung Presiden Jokowi itu menguraikan, hingga 40 tahun silam, ketoprak di Taman Balekambang merupakan hiburan bergengsi. Banyak juragan-juragan dari kota-kota sekitar datang menyaksikan, apalagi jika ada bintang-bintang ternama yang tampil. Berbeda dengan beberapa waktu belakangan, di mana seniman panggung tradisional seperti dijauhi penonton, termasuk kaum muda. Apalagi di jaman ketika tawaran hiburan banyak sekali, termasuk dari Internet, terangnya.

“Mari kita kembali menyukai kesenian tradisional, dengan turut mengisi bangku-bangku penonton. Selalu ada manfaat dan pelajaran baik dari sebuah lakon. Umumnya berkaitan dengan sejarah, meski ada pula yang berangkat dari mitos dan cerita tutur. Apapun itu, sisi baik dan manfaatnya tetap banyak, “ajak Gibran.

Bagi orang pedesaan di Blora, Kendal dan daerah lain, mungkin masih kadang menjumpai ketoprak keliling (ketoprak tobong). Di sana masih banyak penggiatnya, dan disukai warganya.

“Kita, orang Solo mestinya lebih beruntung, ada panggung permanen dan jadwal pementasan rutin. Syukuri nikmat itu dengan hadir menonton, “ujar Gibran. (Kum/Tim)