Thu. Jul 16th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Sosialisasi Pencegahan Narkoba, Kepala BNNP Kunker ke Halsel

RakyatMerdekaNews.com,Ternate – Permasalahan Narkoba yang sudah darurat di Indonesia sehingga penting untuk dilakukan langkah pencegahan dan pemberantasan. Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba ( P4GN).Hal ini dikatakan oleh Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol. Drs. Edi Swasono, M.M saat memberikan paparannya kepada 400 orang peserta yang mengikuti sosialisasi Strategi Kebijakan program P4GN di aula kantor bupati Halmahera Selatan (Halsel) pada Kamis, tanggal 27 Februari 2019.

Kepala BNNP Malut mengatakan bahwa rehabilitasi bagi penyalah guna yang merupakan bagian dari strategi agar tidak ada lagi permintaan akan narkoba sehingga tidak ada suplai. Untuk para Korban, rawat inap di RSUD adalah sebagai salah satu solusi bagi putusan hukum rehabilitasi (Compulsary) maupun secara sukarela (Voluntary).

“Saat ini adanya strategi proxy war, mengingat harga narkoba di luar negeri seperti cina sangat murah dan diperdagangkan di Indonesia dengan harga yang mahal, penyalahgunaan dan Peredaran gelap Narkoba sangat mudah menyasar generasi muda,” paparnya.

Ia menjelaskan bahwa strategi pencegahan melalui pendidikan adalah salah satu solusi yang terbaik,karena pendidikan P4GN diajarkan mulai dari tingkat Paud/TK sehingga akan membekas sampai mereka dewasa.Selain itu pelaksanaan desa bersinar j(bersih dari narkoba) juga menjadi poin penting bagi para kepala desa dan pejabat pemda.

“Kepala desa dalam pemanfaatan dana desa sebaiknya memasukan program p4gn menjadi prioritas dalam rencana kerja pemerintah Desa dan dianggarkan melalui anggaran pendapatan belanja desa,” jelas kepala BNNP Malut.

Kepala BNNP Malut menerangkan bahwa dukungan DPRD dan Pemerintah mulai Kabupaten sampai Kecamatan dan desa sangat penting dan diperlukan melalui penetapan regulasi yang mendukung upaya P4GN seperti Perda/Pergub tentang Pencegahan melalui pendidikan, pelaksanaan rehabilitasi bagi penyalahgunaan narkoba dan regulasi penetapan Desa Bersinar sehingga bisa dijalankan oleh seluruh unsur masyarakat di Kabupaten Halmahera Selatan.

” Penerapan regulasi program P4GN dalam dunia pendidikan sangat di butuhkan dan ini tugas dari DPRD dan Pemda dari tingkat kabupaten sampai tingkat desa untuk mendukung penuh agar dapat terlaksana secepatnya,”terang Brigjen Pol Edi.

Sementara itu Bupati Bahrain Kasuba menegaskan akan mendukung penuhnya dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba di Kabupaten Halmahera Selatan agar wilayahnya bersih dan bebas dari bahaya narkoba.

” Program P4GN dalam dunia pendidikan harus di lakukan agar anak -anak dari usia dini dapat mengingat bahayanya dari narkoba hingga remaja bahkan sampai dewasa agar dalam hidupnya bebas dan bersih dari pengaruh barang haram yang berbahaya bagi kesehatan dan kehidupannya,”katanya.

Dalam kunker tersebut Kepala BNNP Malut di dampingi oleh Kepala bidang P2M dan Kabid Rehabilitasi serta di hadiri oleh Bupati Halmahera Selatan, H. Bahrain Kasubba, S.Pd., M.Pd bersama Sekertaris Daerah, Helmi Surya Botutehe dan Pejabat Pemkab Halmahera Selatan juga peserta lainnya. (Arief)