Mon. Apr 12th, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Pangkalan PLP Tanjung Priok Lakukan Sosialisasi TSS Selat Sunda dan AIS

Foto : Tampak Kepala Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai Tanjung Priok, Elwin R.

Rakyatmerdekanews.com,Jakarta – Pangkalan PLP Tanjung Priok : Lakukan Sosialisasi TSS Selat Sunda dan AIS.Rakyatmerdekanews.com,Jakarta. Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Priok hari ini menggelar Operasi Pelayaran 205 untuk mensosialisasikan penerapan TSS Selat Sunda yang berlaku pada 1 Juli 2020 dan penggunaan AIS (Automatic Identification System).
Kegiatan sosialisasi yang diberi nama Operasi Pelayaran 205 berlangsung selama tiga hari. Kegiatan ini dibuka langsung Kepala Pangkalan PLP Tanjung Priok, Elwin Refindo di Bojonegara, Banten, Kamis (12/3).
Dalam kata pengantar Kepala PLP Tanjung Priok,Elwin Refindo mengatakan, sangat senang.Karena para awak kapal, Nakhoda dan Komandan Kapal masih semangat menjalankan tugas rutin yang menjadi tupoksi, menegakan aturan keselamatan dan keamanan pelayaran.
“Ini menandakan kita tidak kendor atas keadaan yang terjadi di luar,” ungkap Elwin Refindo.
Elwin berharap, kekompakan yang ditunjukan dalam menjalankan kegiatan sosialisasi ini, tidak hanya jajarannya yang akan menjalankan tugas operasi sosialisasi saja, melainkan juga pada jajaran yang ada di kapal lainnya.
“ Dimasa mendatang terus berupaya lebih sempurna,”katanya.
Ia pun berpesan, pada pada jajarannya yang ada di kapal.Jaga kelamatan kapal dan anggota.Pertama, jika keadaan lingkungan tidak memungkinkan melakukan kegiatan operasi, misalnya datang cuaca ekstrem, gelombang besar yang akan mengancam keselamatan kapal dan awaknya, sebaiknya cari perlindungan.
“Jadi waspada pada lingkungan agar kegiatan operasi berjalan, petugasnya juga selamata,” jelasnya.
Yang kedua, saling komunikasi. Operasioanal operasi dilakukan oleh tiga kapal, maka setiap komandan kapal melakukan komunikasi dengan komandan kapal lainnya. Dan setiap komandan setelah sampai tujuan melaporkan pada pihak Syahbandar mengenai tujuan kegiatan operasi termasuk laporan mengenai temuan selama operasi.
“Dengan begitu tujuan kegiatan akan tercapai,” sambungnya
Dalam opeasi sosialisasi itu akan melibatkan tiga kapal patroli yang dioperasikan pihak Pangkalan PLP Tanjung Priok, yakni KN Trisula, KN Alugara, KN 204 dan KN 206.

KN Trisula berada pada sisi utara alur Selat Sunda, pada sisi selatan KN Alugara dan pada bagian Timur KN 204.

Selama kegiatan operasi, kapal patroli itu akan menyampaikan informasi melalui radio kapal kepada kapal-kapal yang akan melintasi perairan Selat Sunda Sunda bahwa bagan alur pelayaran TSS akan berlaku pada 1 Juli 2020. Atas penerapan itu maka kapal-kapal yang melintasi diwajibkan masuk menggunakan jalur TSS yang sudah ditetapkan itu.

Selain itu juga kapal-kapal patroli PLP Tanjung Priok yang sedang patroli terus melakukan sosialiasasi penggunaan AIS. Saat ini penggunaan AIS B dan A sudah berlaku, sehingga kapal-kapal wajib menggunakannya. (Delly M)