Wed. Apr 1st, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Bupati Barru Suardi Saleh Tak Indahkan Instruksi Jokowi?

Barru – Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya dua warga Indonesia positif terinfeksi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), pada 2 Maret 2020.

Dalam rangka mengantisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 ini, pada 13 Maret 2020 Presiden Joko Widodo menandatangani Keputusan Presiden No. 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Jokowi mengistruksikan seluruh Kepala Daerah baik Provinsi dan Kabupaten/ Kota mulai menyiapkan diri untuk melakukan pencegahan terhadap virus tersebut diantaranya dengan menerapkan Sosial Distance, bahwa masyarakat Indonesia dilarang membuat suatu perkumpulan dan keramaian serta mulai berdiam diri di rumah.

Instruksi Jokowi segera dilaksanakan oleh banyak Kepala Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota, tidak terkecuali Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si, melalui Surat Edaran (SE) No. 045/181/Adm. Pada tanggal 16 Maret 2020 menginstruksikan kepada seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat untuk sama-sama melakukan pencegahan Covid-19.

Akan tetapi berdasarkan temuan di lapangan dilansir dari beritasulsel.com, Bupati Barruu bersama
Istrinya Hasyanah Syam yang merupakan anggota DPR RI dan Kepala Dinas Pendidikan setempat, menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan panti asuhan dan Paud An-Nur di daerah Cilellang, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, pada tanggal 18 Maret 2020. Pada acara tersebut terjadi pekumpulan dan keramaian massa yang begitu banyak sehingga resiko penularan sangat besar.

Padahal dalam SE Bupati No. 045/181/Adm. Pemb point 4 menyebutkan bahwa “menghentikan sementara kegiatan yang diadakan pemerintah dan atau pihak lain yang melibatkan massa mulai tanggal 16 s/d 30 Maret,”

Bupati Barru Suardi Saleh telah mengingkari SE yang dibuatnya sekaligus tidak mengindahkan instruksi Jokowi ?

Sebagai seorang pemimpin seharusnya beliau menjadi garda terdepan dan contoh untuk masyarakatnya dalam pencegahan penularan Covid, bukan malah mempercepat penyebaran.

Mari sama-sama kita menghindari tempat-tempat keramaian, tinggal di rumah, dan menerapkan social distancing. Penting pula menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan. Kita tidak boleh meremehkan wabah virus ini. (HR)