Sun. Jun 7th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Pelanggar Lalulintas Tak Hadir, Tetap Akan di Tilang dan Diadili  

Foto: AKB Pol Fahri Siregar, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, (1/4).

Rakyatmerdekanews.com, Jakarta – Saat ini pandemi virus Corona atau (Covid-19) masih melanda masyarakat di tanah air, tak terkecuali ibukota Jakarta.

Menyikapi kondisi yang sedang terjadi saat ini, terkait penyerahan barang bukti dan berkas tilang tetap diserahkan ke Pengadilan Negeri (PN) dengan metode fasilitas yang ada sebelumnya. Ungkap AKB Pol Fahri Siregar, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya di kantornya Jalan Tebet Barat, Jakarta Selatan, Rabu siang (1/4/2020).

“Barang bukti tetap kami serahkan ke Pengadilan sesuai dengan Perma Nomor 12 / Tahun 2016, tetap melakukan sidang tanpa kehadiran pelanggar nya , itu kan sudah berjalan selama ini, tinggal putusannya diumumkan by website (lewat website (red), “ujar AKB Pol Fahri Siregar.

Lanjutnya, barang bukti dari pengadilan akan diserahkan ke kejaksaa. Dan kejaksaan tinggi negeri akan menyerahkan barang bukti ke masyarakat. Namun mengingat situasi saat ini  ‘social distancing’ maka instansi terkait mempunyai kebijakan masing-masing. “Oleh karena itu barang bukti akan diserahkan ke kantor induk kejaksaan tinggi negeri,” jelas Fahri.

Fahri juga meningatkan, sementara waktu kantor kejaksaan tinggi masih dalam sosial distancing, maka koordinasi dengan pengadilan, kejaksaan terus berjalan dengan metode pelayanan yang variatif.

“Jika ada sisa bayaran denda tilang, pembayaran dan pengembalian barang bukti kemasyarakat maka kita dapat gunakan fasilitas drive thrue, online, Pos dan Giro juga koperasi yang ada di kantor kejaksaan masing-masing.

Sedangkan untuk pelayanan, lanjut Fahri lewat koperasi seperti wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur serta Jakarta Utara.

Hal ini dilakukan untuk mendukung program kerja pemerintah dalam pencegahan penyebaran penyakit Covid 19 (Corona, ) tandasnya. (Fachri)