Sun. Jun 7th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Sudah 675 Pemudik Yang Masuk Ke – Kecamatan Purwodadi

Rakyatmerdekanews.com – Purworejo — Sampai Kamis 09/04/20 tercatat sudah 675 penduduk yang masuk ke wilayah Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo.

Demikian dijelaskan camat Purwodadi Hartono SH, saat dikonfirmasi awak media diruang kerjanya, Kamis (09/04/20).

Para penduduk tersebut mayoritas pekerja freeland diantaranya tukang ojek online, pekerja bangunan, dan pekerja lain hingga kegiatan mereka terhenti akibat wabah covid -19.

“Kami tidak bisa mencegah mereka untuk mudik, sebab di Jakarta tidak dapat bekerja sama sekali.

Solusinya adalah desa tempat tinggal mereka yang harus memberi bantuan kepada para pemudik akibat dampak dari covid -19 itu,” ujar Hartono.

Posko covid -19 pertama dibentuk di Pendowo yang dijaga oleh unsur forkompin cam. Mereka bertugas mengawasi para pemudik yang turun dari kendaraan umum.

Para petugas berjaga antara jam 01.00 – 05.00 WIB. Pada jam- jam tersebut biasanya para penumpang bus dari Jakarta , Bandung dan wilayah lain turun . Semua penumpang yang turun diperiksa sesuai aturan.

Namun kebanyakan dari mereka berasal dari desa – desa di Kecamatan Ngombol, Hanya sebagian kecil dengan tujuan diwilayah kecamatan Purwodadi.

Kecuali pos pelayanan di Pendowo, dan di wilayah perbatasan , di desa – desa dari 40 desa di Kecamatan Purwodadi juga sudah di bentuk posko covid -19.

Untuk mendukung aktifitas dalam rangka mengantisipasi penyebaran covid -19, maka desa – desa diwilayahnya dapat menggunakan dana desa (DD). Masing – masing desa dapat menyusun anggaran yang berkisar antara Rp20 juta – Rp 60 juta. Besar kecilnya anggaran tergantung jumlah penduduk di desa tersebut, ujarnya.

Bagi desa yang belum dapat mencairkan DD dapat mencari solusi ,dan setelah dana cair dana tersebut dapat digunakan untuk penanggulangan covid -19.

Pusat penanggulangan covid -19 di Kecamatan Purwodadi standby 24 jam. Mereka yang bertugas jaga terdiri dari ASN, TNI , Polri dan para relawan, ungkapnya. (A/Kun).

.