Fri. Jun 5th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Tri Adhianto Wawali Kota Bekasi Lakukan Pendataan Bantuan Sosial Covid-19

Rakyatmerdekanews – Kota Bekasi – Sebagaimana di sampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beberapa waktu lalu bahwa Pemprov Jawa Barat akan menganggarkan APBD sebesar 3,2 Triliun guna memberikan bantuan bagi warga Jawa Barat dalam bentuk Jaringan Pengaman Sosial kepada yang menurut sensus ekonomi tahun lalu berada di 40 persen ekonomi terbawah.

Ada dua kategori golongan yang yaitu golongan pertama adalah warga Jabar yang berada 25 % ekonomi terbawah akan dibantu pemerintah pusat dengan APBN melalui Kartu Sembako dan Kartu PKH. Dan mereka yang jadi pengangguran akan dibantu Kartu Prakerja.

Golongan Kedua yaitu warga Jawa Barat yang berada di rentang 25% sd 40% ekonomi terbawah. Tadinya golongan ini hidup mandiri. Namun golongan ini jatuh pada rawan miskin karena covid. Mereka inilah yang dibantu anggaranya dari APBD.

Agar ekonomi pasar tetap berjalan, rencananya sembako dibeli dari pedagang pasar dan Bulog, dikirim oleh OJOL/OPANG dan PT POS, kepada rumah tangga yang berhak.

Saat ini pemerintah kota Bekasi sudah mulai pendataan dan sudah menyiapkan web melalui Dinaskominfo Kota Bekasi. Di laman :

https://bansoscovid19.bekasikota.go.id/

Pendataan golongan kedua sedang dilakukan oleh RT/RW. Apabila pendataan dan pelaksanaan lancar di perkirakan pertengahan bulan April sudah bisa didistribusikan. Jika yang merasa berhak namun terlewat pendataan, akan dilakukan revisi data di gelombang berikutnya.

“Saat ini pemerintah kota masih melakukan pendataan bagi mereka warga rentan ekonomi yang menerima bantuan selama pandemi Covid-19 ini. Adapun mereka yang dibantu adalah yang menurut sensus ekonomi tahun lalu status kondisi ekonominya berada dibawah 40%.” Jelas Tri Adhianto Wakil walikota Bekasi kepada RM News hari Kamis (09/04/20).

“Untuk warga yang merasa berhak namun belum terdata, silahkan lakukan pendaftaran pada link yang sudah kami siapkan, sehingga nanti akan dilakukan verifikasi kembali.”tambah Tri Adhianto

“Kita terus berdoa dan berikhtiar semoga Allah SWT mencukupkan rezeki kita semua. Tetap Jaga Jarak, Jaga Sesama, Di rumah saja. Dan selalu gunakan masker. Selalu ikuti anjuran pemerintah daerah” Ajak wakil walikota yang biasa di panggil Mas Tri mengakhiri keteranganya. (SYD)