Sun. Jun 7th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

HUT ke -12 , Bawaslu Bagikan Ratusan Paket Sembako dan Donor Darah

Rakyatmerdekanews.com – Purworejo – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke -12 Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) pada 9 April 2020 dilangsungkan dengan sederhana.

Hal itu karena bersamaan dengan pandemi virus corona (Covid-19). Wabah mematikan tersebut membuat segala bentuk aktifitas ditunda, termasuk pelaksanaan tahapan Pilkada.

Bukan hanya itu, banyak masyarakat yang terdampak di sisi kesehatan hingga ekonomi. Demikian dijelaskan Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo Nurkholik kepada awak media saat acara pembagian sembako dan donor darah, Jum’at (09/04/20).

Hal tersebut membuat Bawaslu Purworejo bergotong-royong membangun solidaritas melawan covid-19.

Sejumlah kegiatan yang dilakukan diantaranya donor darah, pembagian paket sembako, dan masker kepada masyarakat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo Nur Kholiq mengatakan peringatan ke 12 HUT Bawaslu bersamaan dengan peristiwa penuh duka dan harus disikapi dengan bijak seluruh elemen masyarakat.

Dalam kondisi keprihatinan ini Bawaslu mengajak seluruh jajaran pengawas untuk bersama saling menguatkan dan menjaga kesehatan.

“Tidak hanya mengajak kita juga harus memberikan contoh dengan aksi kongkrit memberikan 243 paket sembako yang disalurkan kepada tukang becak dan pemulung yang ada di Purworejo,” ujarnya.

Selain itu warga sekitar Kantor Sekretariat Bawaslu Purworejo juga diberikan paket sembako. Dana pembelian paket yang disalurkan dikumpulkan selama 5 hari.

Dalam kurun waktu lima hari pembukaan penggalan donasi terkumpul dana sebesar Rp 18.217.000,00 sedangkan bantuan berupa masker diberikan oleh Panwaslu Kecamatan Pituruh, Bruno, dan Kutoarjo.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran pengawas dan rekanan yang sudah turut serta dalam penggalangan donasi. Semua bantuan donatur disalurkan kepada masyarakat di Kabupaten Purworejo yang terdampak covid -19,” katanya.

Lebih lanjut Kholiq me jelaskan semoga hasil penggalangan donasi yang dibagikan dapat membantu masyarakat untuk mencegah penularan virus corona ketika beraktifitas.

Sebelum melakukan pembagian hasil donasi kepada masyarakat, Bawaslu Purworejo mengadakan doa bersama agar pandemi corona cepat berlalu serta donor darah ke PMI Purworejo. Bawaslu Purworejo juga membatasi kegiatan tersebut dan tetap mematuhi protokoler kesehatan.

Sedangkan untuk kegiatan donor darah, Bawaslu Purworejo bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purworejo.

Setelah dilakukan pendataan ada sekitar 60 orang yang akan melakukan donor darah, semoga setelah pengecekan tidak terjadi permasalahan , katanya. (Kun)