Thu. Sep 29th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Jakarta Halau Covid-19 Dengan PSBB

Rakyatmerdekanews.com,Jakarta – Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta menghalau Covid-19, dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),pada Jumat (10/4/2020).

PSBB yang akan berjalan selama 14 hari dari penerapan diberlakukan,Gubernur DKI Jakarta,Anies Baswedan telah mengambil langkah presedur untuk melindungi warga masyarakat yang telah siap menerima aturan itu,dengan tujuan menghalau virus korona atau covid-19. Dengan konsekwensi itu,diperkirakan Gubernur Anies Baswedan jamin jamin 1,25 juta keluarga dapat menerima bantuan tiap minggu selama PSBB.

“Paket sembako akan kita bagikan tepat sasaran. Bukan itu saja,namun akan diberikan masker,”kata Anies. Anies Baswedan juga memberikan solusi bagi warganya yang selama ini ada tabungan untuk berbelanja di pasar. Dan ada 105 pasar yang dipersiapkan melayani warga (pedagang kelontongan) memberikan pelayanan terbaik.”Tinggal telphon,mereka siap antar,”ujar Anies. Selain itu,Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga memperhatikan masalah transportasi pengangkut logistik dan moda transportasi,selama PSBB. Dimana aturan itu yang ditujukan roda dua ojek online. Sedangkan kendaraan pribadi dapat membawa penumpang dengan syarat tertentu.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta,Syafrin Liputo,bahwa ojek online diperbolehkan mengantar barang dan logistik dan tidak boleh membawa penumpang. Sementara roda dua pribadi diperbolehkan membonceng,jika keduanya satu alamat. Hal juga menjadi dasar PSBB adalah pengawasan displin diperbatasan keramaian yang menjadi pengawasan Kepolisian dengan aturan bersasarkan Peraturan Gubernur UU 6 tahun 2018 dan PP nomor 21 tahun 2020 serta Permenkes nomor 9 tahun 2020. Aturan ini kata Safrin Liputo yang ditujukan hanya untuk bagi angkutan logistik atau barang antaran.”Untuk roda dua kendaraan pribadi,selain digunakan pengendra,juga biasa angkut penumpang. Dengan catatan satu alamat dengan pemilik kendaraan,”ujarnya kepada wartawan. (Delly M)