Wed. Jul 28th, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Bantu Pemerintah Lawan Covid-19, PKPI Cetak Masker Kain Gratis Dibagikan ke Warga


 

Rakyatmerdekanews.com, JAKARTA – Ikuti arahan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menghimbau seluruh masyarakat untuk mengenakan masker saat berada di luar rumah.

Namun, kenyataannya banyak masyarakat yang masih belum mengikuti aturan ini saat berada di area publik, baik karena kesadaran yang masih kurang ataupun karena masker sulit didapat dan harganya yang dirasa sangat mahal.

Berangkat dari hal itu, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) melakukan gerakan untuk membuat masker gratis dan dibagikan kepada masyarakat.

“PKPI adalah yang partai yang memiliki solidaritas tinggi. Sesuai semangat itu, PKPI melakukan aksi nyata dengan membuat masker gratis dan membagi-bagikannya kepada orang-orang yang tak mampu beli seperti pemulung dan gelandangan,” ujar Jody Ante, Ketua Departemen Relawan PKPI, Senin (13/04/2020) siang.

Dirinya dan rekan-rekan dari Tim Penanggulangan Bencana Nasional (PBN) PKPI juga membagi-bagikan paket sembako selain masker. Upaya kecil PKPI ini nyata memiliki makna tersendiri bagi penerimanya.

Seperti pengakuan salah satu penerima masker gratis, Yanto (56). Dia mengaku terharu saat menerima bantuan dari PKPI tersebut.

“Saat ini saya tidak butuh apa-apa, asal bisa untuk makan dan punya masker buat melindungi diri biar gak tertular saja sudah cukup dan bersyukur,” tuturnya.

Jody berjanji akan terus berupaya agar gerakan ini tetap dilakukan seterusnya, hingga pandemi ini berakhir. Ia berharap PKPI dapat menebarkan solusi, bukannya kepanikan yang selama ini terus menerus menerpa warga karena informasi-informasi negatif dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

“PKPI ingin menjadi dampak, dan kami percaya bahwa dampak besar dimulai dari keberhasilan melakukan suatu hal kecil. Jika perbuatan kecil kami ini bermanfaat bagi warga, pasti kami akan lebih semangat lagi melakukan hal-hal yang lebih besar,” jelas Jody. (Jons)