Mon. Jun 1st, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Skripsi Masih Jadi Momok Menakutkan, Ini Solusinya

Foto: Udi Iswadi, S.E., M.M. -Narasumber.

SKRIPSI masih menjadi momok yang menakutkan utamanya bagi bagi mahasiswa yang semester akhir. Tak heran jika tidak sedikit mahasiswa yang mengalami frustasi yang berkepanjangan lantaran skripsi yang tidak bisa diselesaikan tepat pada waktunya.

Runzune Consultans, Kamis (21/5/2020) kembali menggelar pelatihan dan mencoba hadir memberi solusi kepada para mahasiswa yang sedang menjalani penyusunan Skripsi dengan mengadakan “Bimtek Kiat menyelesaikan Skripsi di masa Covid- 19”.

Udi Iswadi, selaku Direktur Training Runzune Consultans menjelaskan bahwa menyusun dan menyelesaikan Skripsi pada dasarnya bukanlah sesuatu yang sulit untuk dikerjakan, manakala mahasiswa memahami buku panduan penulisan skripsi yang diterbitkan oleh masing-masing kampusnya.

Udi yang juga merupakan Dosen Metodologi Penelitian di STIE Al-Khairiyah Cilegon mengatakan, “Seringkali mahasiswa menjadi Down dalam menyelesaikan skripsi manakala ia mendapatkan Dosen pembimbing skripsi yang sulit ditemui, sehingga hal tersebut mematahkan semangat mahasiswa untuk melanjutkan bimbingan skripsi. Terlebih dalam suasana sekarang ini dimasa Covid 19.” ujarnya.

Acara Bimtek yang dimulai pukul 20.00 sampai 22.00 wib diikuti oleh 15 peserta yang berasal dari berbagai kampus, dan dimoderatori oleh Hj. Munawaroh atau yang biasa disapa dengan panggilan Nawa.

Dalam penjelasan materinya, Udi Iswadi mengatakan bahwa aspek paling penting yang dapat dijadikan Tips bagi Mahasiswa dalam menyelesaikan Skripsi dimasa Covid 19 ini adalah; pertama, Baca buku panduan skripsi secara cermat; kedua, cari topik penelitian yang disukai dan dipahami; ketiga, buatlah deadline dan jangan menjadikan Skripsi sebagai sebuah beban; keempat, jangan pernah menunda-nunda perbaikan skripsi walaupun kecil perbaikannya; kelima, kerjakan skripsi ditempat yang kondusif dan nyaman; keenam, buatlah group diskusi dengan teman yang sedang melakukan skripsi; ketujuh, selaku minta saran dan pendapat kepada orangtua, kakak atau sahabat yang terdekat; dan terkhir jangan lupa berdoa.

Kegiatan Bimtek berakhir pukul 22.00 wib, dan diakhiri dengan pemberian materi tentang bagaimana membuat Presentasi Skripsi yang efektif dan simpel.

 

Oleh : Denok Sunarsi
Dosen Universitas Pamulang