Mon. Jun 1st, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang Pesimis

Rakyatmerdekanews.com – Karawang – Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang, dr. Fitra Hergyana Sp.Kk merasa khawatir adanya gelombang penambahan pasien Covid-19 pasca Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Mengingat, sejumlah masyarakat terlihat tidak menyadari bahwa wabah virus Corona masih berlangsung dan peningkatan secara nasional tinggi, karena penyebaran wabah virus ini merupakan tanggung jawab kita sebagai masyarakat dan kuncinya di masyarakat sendiri.

Aktivitas perbelanjaan di sejumlah mal, dan pergerakan masyarakat yang hilir mudik cukup banyak. Dijelaskan dr. Fitra, Covid-19 mempunyai karakteristik yang cepat menular dan mutasi virus yang tinggi.

“Kami berharap masyarakat meningkatkan kesadaran dan menerapkan perilaku hidup baru dalam rangka penyebaran Covid-19 dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menggunakan masker dan berjaga jarak, ini merupakan tanggung jawab kita semua sebagai masyarakat, gugus tugas sudah berusaha semaksimal mungkin, apabila masyarakat tidak mempunyai rasa tanggung jawab dari diri sendiri, saya rasa pandemi covid 19 akan sulit hilang dari Karawang” kata dr. Fitra SpKK.

Ia pesimis bahwa penekanan angka penyebaran Covid-19 di Karawang bisa berkurang, jika perilaku masyarakat masih tidak peduli dan cuek. Padahal, angka ODP dan PDP terus bertambah setiap hari. Tak hanya itu, masih ada pula PDP yang meninggal dunia, namun belum sempat diambil sampel uji swab untuk mengetahui PDP tersebut terinfeksi atau tidak. Hampir setiap hari ada pula yang meninggal baik itu ODP, PDP, atau rapid reaktif. Jumlah ODP yang meninggal 3 orang, PDP yang meninggal 24 orang, dan Rapid reaktif yang meninggal 20 orang.

“Banyak juga masyarakat yang tidak terbuka dengan kondisinya. Jika bergejala demam, batuk dan sesak segera ke rumah sakit rujukan,” ujarnya.

Ia mengatakan, bahwa tim gugus tugas bekerja maksimal selalu berpatroli dan bahkan sampai menyegel sejumlah pertokoan yang masih membandel saat pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kabupaten Karawang, akan tetapi kunci keberhasilan penekanan Covid-18 ini di ada pada kedisiplinan masyarakat. Angka kesembuhan virus corona cukup baik, tetapi perlu diingat bahwa ada angka kematian yang cukup mengkhawatirkan.

“Kami ingin sinergitas dan dukungan dari masyarakat demi keberhasilan menekan angka penyebaran Covid-19 di Karawang,” ujarnya. (HERI)