Sun. Nov 28th, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Atur Waktu Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19

Foto: Agus Sudarsono Dosen Universitas Pamulang.

Mengelola waktu di masa pandemi Covid-19 memang gampang – gampang susah. Untuk kalian yang saat ini stay at home, work form home, barangkali pernah mengalaminya. Tiba-tiba hari sudah sore, tetapi merasa belum mengerjakan apa-apa terlebih tugas kuliah yang diberikan bapak-ibu dosen atau tugas sekolah yang diberikan bapak-ibu guru sibuk tetapi tidak menyelesaikan satu tugas pun.

Apa penyebab hal ini terjadi ? Lalu, bagaimana solusinya ?
Sehari terdapat waktu 24 jam untuk bisa kita bias mempergunakannya dengan tepat dan efisien menurut kebutuhan disetiap orang . Hanya saja tidak semua orang mengerti atau menggunakan waktu yang mereka punya dengan sebaik mungkin juga bahkan lalai untuk memahami konsep waktu yang berharga.

Karena inilah adanya istilah, pemberdayaan dan penerapan time management atau manajemen waktu. Dalam Al-Qur’an Surat Al-Ashr (103): 1-3, Allah berfirman yang artinya sebagai berikut.
1. Demi masa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Ayat di atas menjelaskan bahwa manusia memang benar-benar berada dalam kerugian apabila tidak memanfaatkan waktu yang telah diberikan oleh Allah SWT secara optimal untuk mengerjakan amal baik atau perbuatan – perbuatan yang baik dan bermanfaat bagi orang banyak. Dalam ajaran Islam, seorang muslim yang baik tentulah harus menghargai waktu dan mampu mengelola waktu yang dengan baik dalam kondisi sekarang ini dimana banyak sekali ragam aktivitas yang harus ditunaikan, ditambah pula berbagai kendala dan tantangan yang harus dihadapi. Terlebih lagi kondisi yang sedang dialami di negara kita tercinta Indonesia dalam masa pandemic covid 19 yang mengharuskan semua orang berada didalam rumah, presiden Jokowi dodo mengatakan dalam pidatonya yang mengharuskan,bekerja dari rumah belajar dirumah bahkan beribadahpun dirumah untuk mencegah tertularnya wabah virus corona oleh karena itu semua orang harus membagi waktu dan mengatur waktu dengan baik agar selama masa pandemi ini seseorang bisa tetap berproduktif ditengah-tengah kegiatannya selama berada dirumah.

Pandemi di Indonesia sekarang sudah memasuki tahap serius dan sudah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sebagian provinsi dan daerah. Bukan hanya membatasi setiap orang untuk berinteraksi secara langsung. Pertanyaannya bagaimana mengatur waktu atau memanajemen waktunya agar tetap produktif selama berada didalam rumah khususnya para mahasiswa atau pelajar.

Hal ini diperkuat Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan, dan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Pembelajaran daring sebagai solusi alternatif agar kegiatan pembelajaran tetap berlangsung di masa pandemi covid 19 ini, sebagai hak siswa untuk mendapatkan pendidikan. Kebanyakan dari mereka, lebih memilih berdiam diri dirumah hanya untuk sekedar bermain gadget sehingga banyak tugas dari kampus maupun sekolah yang tidak dapat terselesaikan, hal ini merupakan penyebab belum terselesaikannya tugas -tugas yang diberikan oleh bapak-ibu dosen maupun guru pada masa pandemi yang mengharuskan belajar dari rumah kita harus lebih cermat lagi dalam memanajemen dan mengatur waktu agar tidak terbuang sia-sia.

Tugas kuliah maupun tugas sekolah yang menumpuk dan tidak putus-putus harus dapat diselesaikan dengan baik agar kegiatan belajar dan mengajar tetap produktif dalam masa pandemi ini oleh karena itu perlu adanya manajemen waktu yang baik agar bisa maksimal dalam setiap harinya. Pertanyaannya bagaimana caranya kita untuk bisa mengatur waktu simak tips dibawah ini:
1. Membuat rencana kegiatan atau agenda kegiatan
Membuat kegiatan selama dirumah merupakan sangat penting sama halnya seperti jadwal sekolah ataupun kuliah karena terdapat pembagian waktu dalam kegiatan tersebut pilihlah waktu untuk mengerjakan tugas dan pilihlah waktu untuk bersantai
2. Prioritaskan kegiatan yang utama
Prioritaskan kegiatan yang harus diutamakan contohnya: menyelesaikan tugas guru atau dosen kemudian prioritas yang berikutnya barulah membantu pekerjaan dirumah atau kegiatan lainnya.
3. Menjaga kondisi fisik agar tetap bugar
Olahraga dirumah, menjaga pola makan dan hidup sehat selama masa pandemic menjaga imun agar tetap bekerja maksimal
4. Beribadah
Pada situasi pandemi ini, beribadah dari rumah disebut memiliki pahala dan nilai yang lebih besar di mata Allah SWT. KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi menjelaskan, amal seseorang di mata Allah SWT tergantung pada tingkat kesulitannya. Semakin berat ujian atau tantangan dalam menjalankan amal ibadah itu, maka kian besar pula pahalanya
5. Mengatur waktu
Kegiatan belajar selama daring tidaklah sama dengan tatap muka seperti biasanya terkait koneksi internet yang digunakan tidak selamanya berjalan lancar maka diperlukan untuk melonggarkan waktu yang lebih untuk mengerjakan tugas dari dosen maupun guru.

Bagi Anda yang menggunakan fasilitas internet yang berkaitan dengan pembelajaran online, dan aktif di berbagai media sosial, akan sangat tepat jika Anda memiliki manajemen waktu yang cerdas untuk melakukan hal tersebut. Maka aturlah waktu anda jangan sampai waktu anda habis terbuang dengan percuma untuk kegiatan dan kebiasaan yang anda miliki yang bersifat sia-sia dan tidak memberi manfaat bagi sesama terutama dalam kehidupan Anda sendiri.

 

Oleh: Agus Sudarsono
Dosen Universitas Pamulang