Wed. Sep 30th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Dosen Unpam Gelar PKM Penerapan SI APIK pada Pembukuan UMKM

Tangerang Selatan – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bagian dari Tri Dharma. Para citivas akademik yang terdiri dari dosen Universitas Pamulang dan mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kepada para UMK. Bertempat di kampus Universitas Pamulang, Jalan Surya Kencana No. 1, Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Giat berlangsung tanggal 24 hingga 28 Februari 2020.

Tema yang diusung dalam giat kali ini yakni “Penerapan SI APIK pada Pembukuan UMKM Scale Up Jabodetabek”.
Sebelumnya Ibu Ratih selaku dosen Unpam melakukan observasi terhadap Lembaga UMKM tersebut. Disamping melihat permasalahan para pelaku usaha UMKM yang masih terkendala terkait laporan keuangan sehingga tertuanglah gagasan melakukan pembinaan yang ditindak lanjuti oleh pihak kampus Universitas Pamulang untuk dilakukan kegiatan PKM.

Pengabdian kepada masyarakat kali ini bekerjasama dengan Rumah Pemberdayaan Masyarakat (RPM) Institute Tangerang Selatan yang diketuai oleh Ahmad Husen.

Tati Rosyati selaku ketua PKM mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membekali kemampuan dan keterampilan pelaku UMKM ScaleUp RPM Tangerang Selatan agar dapat menggunakan akuntansi dengan mudah dalam kegiatan bisnisnya sehingga dapat meningkatkan kinerja keuangan usahanya, tuturnya.

Sementara itu Effriyanti, SE., Ak., MSi., CA selaku ketua Prodi Akuntansi Universitas Pamulang menyampaikan, penting kegiatan pelaksanaan pembinaan mengenai laporan keuangan UMKM merupakan salah satu bentuk perwujudan kepedulian Universitas Pamulang dalam menjalankan tri dharma.

Ahmad Husen menambahkan bahwa UMKM masih memerlukan pembinaan mengenai pencatatan laporan keuangannya. Minimnya pengetahuan membuat mereka kebingunan dalam menyajikan laporan keuangan saat akan bertemu investor.
Kegiatan penyuluhan dan pendampingan serta konsultasi dilakukan di kampus Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan.  Dalam pelaksanaannya dibagi ke dalam dua sesi, sesi I pukul 08:00 – 12:00 WIB dan sesi II pukul 13:00 – 17:00 WIB.
Senin 24 Februari 2020, berlangsung kegiatan dengan materi Q and A general finance Peserta, Pengantar /Pendahuluan Akuntansi (SAK-EMKM) dan Transaksi Akuntansi sekaligus latihan SI APIK didampingi oleh Ibu Anum Nuryani (dosen), Ibu Fina Fitriyana (dosen) dan Ibu Yolanda Gusvia P (dosen) serta 3 mahasiswa Unpam yang terdiri dari Ria M, Adil B dan Dita A.

UMKM yang dibina yakni jenis usaha manufaktur milik Bu Esti dan Bu Felly. Bu Esti memiliki usaha pembuatan peyek sejak tahun 2017. Usaha dilakukan dengan system konsinyasi. Bu Felly selaku UMKM memiliki usaha beraneka ragam muai dari kentang pengantin, bakso bandeng, dan minuman jerman. Meskipun produknya beraneka ragam namun usahanya sudah berdiri selama 5 tahun.
Proses pendampingan pelatihan dilakukan dengan memindahkan catatan manual yang dibuat oleh para pelaku UMKM ke aplikasi SI APIK. SI APIK yang merupakan aplikasi rakitan Bank Indonesia yang sudah didukung oleh IAI atau Ikatan Akuntan Indonesia memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan aplikasi akuntansi ukm sejenis. Keunggulan dari aplikasi tersebut yakni Pencatatan Keuangan untuk berbagai sector, Sesuai SAK-EMKM, Laporan Keuangan Akurat, Dapat Dilakukan Tanpa Pengetahuan Dasar Akuntansi dan gratis karena bisa di unduh dari play store.
Para pelaku UKM melakukan inputan saldo awal dan transaksi per tanggal baik pengeluaran maupun penerimaan sesuai dengan posnya. Hasil dari penginputan tersebut berupa laporan keuangan yang dibutuhkan seperti laporan laba rugi, laporan posisi keuangan (neraca), laporan arus kas dan laporan catatan atas laporan keuangan. Selain itu history transaksi pun bisa dilihat.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan didukung oleh Bapak Dr. H. Dayat Hidayat M.M selaku rector Universitas Pamulang, Bapak Dr. E. Nurzaman A.M, M.M., selaku Wakil Rektor I Universitas Pamulang dan Bapak Dr. Ali Mardiansyah, SE., MM selaku ketua LPPM serta jajaran prodi akuntansi dan manajemen Universitas Pamulang.

Para citivas akademik berharap kegiatan PKM ini bisa bermanfaat. Para pelaku UMKM sudah bisa membuat laporan keuangan guna kebutuhan analisa dan pendanaan usahanya.

Penulis: Anum Nuyani
Dosen Universitas Pamulang