Sun. Sep 27th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Kalahkan Cerita Drakor dari Efek Covid-19, Ini Tipsnya

Foto: Indra Januar Rukmana, S.E. M.M, Dosen Universitas Pamulang.

SUDAH hampir satu bulan lamanya sejumlah sekolah atau universitas baik negeri maupun swasta meniadakan kegiatan belajar mengajar secara langsung/tatap muka sebagai antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), sesuai instruksi pemerintah tentang pembelajaran dirumah atau biasa dikenal dengan sistem daring. Sebagai ganti dari pembelajaran tatap muka, para guru dan dosen pun menggelar kegiatan belajar mengajar di rumah dengan memanfaatkan teknologi digital.
Namun rupanya metode ini membuat sejumlah siswa dan orang tuanya kewalahan. Yang mana banyak yang belum familiar dengan pembelajaran online ini sehingga orang tua murid menjadi kewalahan dalam melaksanakan pembelajaran ini. Apalagi dengan metode ini dalam pembelajaran menjadi terasa singkat dan juga kurangnya human touch didalamnya. Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim telah meminta Dinas Pendidikan ataupun Pimpinan Perguruan Tinggi dapat memberikan pedoman atau prosedur teknis pelaksanaan pembelajaran daring dengan mengacu pada kebijakan bekerja dari rumah yang ditetapkan pemerintah.
“Ini kan kewenangan masing-masing Dinas Pendidikan ataupun Perguruan Tinggi. Bisa diatur lebih lanjut detil prosedurnya, mekanismenya. Apa-apa saja yang menjadi hak dan tanggung jawab masing-masing. Sehingga ada kejelasan dan tidak terjadi kebingungan. Pemda perlu konsisten memberikan arahan mengenai hal ini,” terang Nadiem. Dia menambahkan, pedoman tersebut juga harus memerhatikan situasi, kondisi, juga tantangan setempat, sehingga diharapkan tidak menjadi beban tambahan dalam implementasinya.
“Bisa jadi pedoman tersebut tidak sama untuk antarjenjang, antarprogram atau antarwilayah,” ujarnya. Nadiem memahami perubahan pola pembelajaran yang mendadak tidak mudah dilakukan. Bahkan, bagi beberapa pihak hal ini masih sangat baru. Namun, ia mendorong semua pihak merespons situasi saat ini dengan bijak. “Saya tahu ini tidak mudah bagi semua pihak, tetapi kita harus mencoba. Tujuan utamanya adalah memastikan hak memperoleh pendidikan tetap berjalan, sesuai anjuran Bapak Presiden untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah,” katanya. “Tidak harus selalu memakai peralatan yang canggih, tetapi bisa juga dilakukan dengan metode sederhana. Yang paling penting adalah komunikasi,” imbuhnya.
Sebenarnya ada beberapa tips mudah dan mengasikan dari metode pembelajaran online ini khususnya bagi siswa SD sampai dengan tingkat menengah. Ada beberapa media pembelajaran daring gratis yang sudah ada di aplikasi playstore maupun server gratis dari pemerintah. Mau tau apa saja ya media yang bisa digunakan dalam pembelajaran daring yang asik. Berikut nama dari media oline yang bisa dipakai oleh para guru dan dosen untuk pembelajaran online yang asik:
1. Google Classroom
Google Classroom adalah bagian dari G Suite for Education yang juga hadir dalam versi aplikasi seluler. Untuk menggunakannya, guru dan murid wajib memiliki akun Google agar saling terhubung. Sehingga pembelajaran bisa menjadi efektif, Selain itu, lantaran bagian dari G Suite, Google Classroom terikat bersama Drive, Calender, Form, Jamboard, Hangouts Meet, Docs, Sheets, Slide, termasuk Gmail. Artinya, layanan-layanan itu dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Google Classroom memungkinkan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih produktif dan bermakna dengan menyederhanakan tugas, meningkatkan kolaborasi, dan membina komunikasi. Pengajar dapat membuat kelas, memberikan tugas, mengirim masukan, dan melihat semuanya di satu tempat. Asyik kan pakai google classrom yang mana banyak fitur didalamnya,, guyss!

2. Quizizz
Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Penggunaannya sangat mudah, kuis interaktif yang anda buat memiliki hingga 5 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar. Anda dapat menambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan dan menyesuaikan pengetahuan pertanyaan sesuai keinginan anda. Bila kuis sudah jadi, anda dapat membagikannya kepada siswa dengan menggunakan 5 digit yang dihasilkan. Pembelajaran ini bisa dengan sistem live layaknya perlombaan atau menjadi Home work bagi para siswa. Untuk lebih lengkapnya bisa masuk ke link ini http://quizizz.com/admin/ . yuk dicoba ya guys !

3. Padlet
Padlet adalah sebuah situs internet yang memungkinkan guru dan para murid lainnya untuk berkolaborasi teks, foto, tautan atau konten lainnya. Masing-masing ruang kolaboratif ini disebut “wall” (dinding) yang dapat digunakan sebagai papan buletin pribadi. Ini bisa dipergunakan sebagai pengganti zoom atau google meet jika dalam penyampain kurang maksimal karena terkendala jaringan. Untuk lebih lengkapnya bisa masuk ke link ini https://padlet.com/dashboard. yuk dicoba ya guys !

4. Kahoot
Kahoot adalah sebuah website di internet yang dapat menghadirkan suasana kuis yang meriah dan heboh ke dalam kelas. Dengan bermain Kahoot ini pembelajaran menjadi sangat menyenangkan dan membuat para peserta didik tidak bosan mengikuti pembelajaran yang sangat sulit dimengerti. Pada dasarnya, Kahoot adalah permainan berbasis platform pembelajaran gratis, sebagai teknologi pendidikan. Diluncurkan pada Agustus 2013 dari Norwegia, Kahoot! sekarang dimainkan oleh lebih dari 50 juta orang di 180 negara. Dirancang untuk dapat diakses untuk ruang kelas dan lingkungan belajar lainnya di seluruh dunia. Untuk lebih lengkapnya bisa masuk ke link ini https://kahoot.com/ . yuk dicoba ya guys !

5. Zoom Cloud Meeting
Ini nih yang sering dipakai booming saat ini karena efek corona yang menjamur sehingga aplikasi jarak jauh sejening google meet ini sering banget dipergunakan dalam sesi seminar.sebenarnya Zoom itu aplikasi apa sih ? Zoom adalah Sebuah layanan konferensi video berbasiskan cloud computing. Aplikasi ini mengizinkan kamu untuk bertemu dengan orang lain secara virtual, entah itu dengan panggilan video, suara, atau keduanya. Menariknya, semua percakapan via Zoom bisa direkam untuk dilihat lagi nantinya. Aplikasi Zoom ini dinilai punya kualitas yang mumpuni. Buktinya, setengah dari perusahaan yang masuk ke Fortune 500 sudah menggunakan layanan tersebut. Bapak presiden RI Joko Widodo dan jajarannya dikabarkan juga menggunakan aplikasi tersebut untuk rapat online dengan anggota kabinet. Walau kualitas jaringan juga yang menentukan jalannya seminar dan rapat melalui aplikasi ini. Berikut link untuk mendownloadnya https://zoom.us/ . aplikasi ini bisa dipakai melalui smartphone ataupun laptop.

Wah,, ternyata banyak aplikasi pembelajaran online yang bisa dipergunakan dalam kegiatan pengajaran untuk guru dan murid. Sebenarnya ada banyak aplikasi yang tersedia dalam pembelajaran daring namun untuk yang familiar dan sering dipergunakan saat ini adalah platform yang disebutkan barusan. Itu dia lima 5 tips belajar asyik di rumah agar tetap efektif seperti di sekolah. Nggak perlu panik untuk menghadapi corona, yang penting tetap jaga kesehatan dan kebersihan ya! Dan mari kita berdoa agar wabah COVID19 ini segera berakhir.

 

Oleh : Indra Januar Rukmana, S.E. M.M.
Dosen Universitas Pamulang