Wed. Sep 30th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Mental Tetap Sehat di Tengah Pandemi Corona

Foto : Karolina, S.E,.M.M, Dosen Universitas PamulangFoto: Karolina, S.E,.M.M.

SUDAH hampir 3 (tiga) bulan kasus Corona atau COVID-19 belum juga berakhir, bahkan kalau kita melihat berita kasus virus corona yang muncul sudah sekitar 23.165 orang. Hampir sebagian orang memiliki rasa takut, cemas dan khawatir tentang angka kasus virus corona yang setiap harinya meningkat dan selalu diumumkan berita. Kekhawatiran yang dirasakan saat ini karna virus corona ini dapat mengakibatkan kematian dan belum ada vaksin yg bisa menyembuhkan penyakit ini. Berbagai langkah pun sudah dilakukan untuk berupaya menekan penyebaran virus tersebut, termasuk dengan menjalani peraturan social distancing, menggelar rapid test Corona, hingga memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di berbagai daerah. Namun dalam hal pencegahan penyebaran virus corona ini masih banyak masyarakat di Indonesia yang masih bandel dan tidak mematuhi peraturan yang dibuat pemerintah seperti masih ada sebagian masyakat yang tidak menggunakan masker, tidak menerapkan social distancing, Tentunya dalam hal ini akan menimbulkan resiko besar bagi semua kalangan. Kita mungkin mengkhawatirkan soal kesehatan fisik, dimana kita juga harus selalu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dan kita juga khawatir karena kita nggak pernah tahu kapan wabah virus corona ini akan berakhir, sehingga kita bisa leluasa bertemu dengan orang yang dicintai, dan bisa kembali ke kehidupan ‘normal’. Seolah tak cukup sampai di situ, kondisi ekonomi dunia yang memburuk juga menambah pikiran, membuat kita mengkhawatirkan soal mata pencaharian dan ketersediaan uang, yang saat ini banyak karyawan yg di PHK. Sehingga ketika menghadapi situsi seperti ini sikap mental yang sehat dan positif sangat diperlukan, agar kita bisa tetap bisa menjalani kehidupan ini dengan selalu bersyukur kepada Tuhan.

Adapun faktor-faktor yang bisa membuat mental kita tetap sehat di tengah pandemi corona ini, yaitu:

1. Menjalani gaya hidup sehat
Gaya hidup sehat memang sangat diperlukan dalam situasi seperti ini seperti berolah raga dirumah, mengkonsumsi makanan yang bergizi, selalu minum vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh dan tetap menjaga kebersihan.

2. Selalu berpikir positif
Berpikir positif menjadikan kita memiliki pikiran yang jernih, tenang dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi sehingga banyak manfaat untuk kesehatan jiwa dan raga.

3. Hati yang gembira adalah obat
Perkataan yang menyenangkan dan Hati yang gembira menjadi obat yang manjur dalam kita menghadapi setiap situasi. Perkataan yang kita dengar memang tidak bisa kita pilih. Ada perkataan yang menyenangkan maupun perkataan yang justru mematahkan semangat kita. Untuk perkataan yang menyenangkan tidak akan jadi masalah buat kesehatan maupun mental kita, namun perkataan yang menyakitkan bisa sangat mempengaruhi kesehatan dan mental kita, untuk itu buatlah suasana hati kita menyenangkan dengan mendengarkan hal – hal yang mampu membuat kita sukacita dan memiliki semangat tinggi untuk menjalani hari – hari ini.

Oleh : Karolina, S.E,.M.M
Dosen Universitas Pamulang