Tue. Jul 14th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Rayakan Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

Foto: Reni Hindriari Dosen Universitas Pamulang.

SELAMA pandemi COVID-19 ini, ada anjuran pemerintah untuk melakukan aktivitas di rumah mulai dari bekerja, belajar dan beribadah, menghindari kerumunan dan massa, menjaga jarak fisik (Pembatasan Sosial Berskala Besar/PSBB), dan terapkan protokol kesehatan. Pemerintah juga mengeluarkan larangan mudik untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.
Suasana PSBB ini akan dirasakan oleh semua lapisan masyarakat yang melaksanakan ritual keagamaan mengenai sholat Idul Fitri ditiadakan baik di Masjid maupun di lapangan bahkan dianjurkan dilakukan di rumah masing-masing. Lebaran pada tahun 2020 akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana suasana Lebaran dengan silaturahmi kepada keluarga, tetangga dan teman-teman.memberikan suasana yang menyenangkan dan meriah. Tapi untuk Lebaran tahun 2020 yang belum pernah terjadi selama perabadan dunia yang dialami masyarakat saat ini yang diakibatkan adanya wabah virus corona sehingga perlu adanya jaga jarak dan social distancing untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.
Beberapa tips yang dapat dilakukan saat Lebaran di rumah saja di tengah pandemi COVID-19, antara lain :
1.Janjian video call dengan keluarga besar dan teman
Melakukan video call dapat kita lakukan agar bisa merasa dekat dengan keluarga dan teman yang jauh di sana.
2. Berfoto
Mengunggah foto di media social, adalah hal yang seru yang patut dilakukan. Foto dengan pose semenarik dan sekreaktif agar menambah keseruan momen lebaran di rumah.
3. Mengirim barang special
Mengirim sesuatu untuk keluarga, kerabat dan teman jika memang tidak bisa mudik pada tahun 2020. Misalkan mengirim parcel.
4. Masak untuk tetangga atau masyarakat yang membutuhkan.
Hasil masakan bisa dibagikan kepada tetangga atau masyarakat yang membutuhkan.
5. Berbuat kebaikan
Kita dapat melakukan donasi secara online. Sudah banyak tersedia platform online situs untuk donasi bagi membantu orang-orang yang membutuhkan.

Selamat Merayakan Idul Fitri 1441 H. Taqoballahu Minna Wa Minkum. Minal Aidin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Oleh : Reni Hindriari
Dosen Universitas Pamulang