Wed. Sep 30th, 2020

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Tetap Produktif dan Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19

Foto: Karolina, S.E, M.M,Dosen Universitas Pamulang.

Di tengah pandemi ini, masyarakat tentunya sudah mengalami kejenuhan, penat dan bosan karena setiap kegiatan harus dibatasi semenjak peraturan mengenai social distancing diberlakukan oleh pemerintah. Banyak masyarakat yang menggunakan waktunya pada saat # dirumah aja # untuk melakukan kegiatan secara rutinitas seperti menonton, mengerjakan pekerjaan rumah, maen games, dan mendengarkan music.

Namun, ternyata di tengah pandemi ini kita bisa menjadi lebih produktif lho, mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat , ingin terus berkarya, yang hasilnya kemudian bisa bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.

Produktivitas yang bisa kita lakukan di masa pandemi covid 19 , yaitu bagaimana kita memanfaatkan kemampuan kita dalam mengambil peluang bisnis untuk meningkatkan financial kita , namun dalam hal lain kita bisa mengisi waktu yang bermanfaat untuk dapat meningkatkan kualitas individu seperti menjadi penulis sebuah artikel, , menciptakan sebuah karangan, mendesain sebuah objek benda ataupun membuat animasi dll . Dengan begitu, waktu yang kita gunakan saat ini bisa juga untuk menghasilkan karya – karya yang indah dan terbaik.

Pada saat itulah pikiran kitapun bisa lebih tertantang untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dan ada kepuasan tersendiri ketika karya yang kita hasilkan bisa dinikmati oleh orang laen.

Adapun kiat-kiat untuk kita sebagai individu agar bisa terus produktif selama berkegiatan di rumah.
1. Harus bisa mengambil peluang yang ada untuk bisa menghasilkan sesuatu yg bermanfaat, karena dari kesempatan itulah kita mampu mengembangkan sesuatu yang sudah ada di dalam pikiran kita.
2. Buat agenda/catatan, jika ingin tetap produktif selama di rumah, mulailah dari penjadwalan. Buat jadwal kegiatan untuk seminggu kedepan untuk mengetahui apa saja target yang sudah dicapai setiap harinya, mulai dari kegiatan yg sederhana sampai kegiatan yg memang kita bisa melakukan kegiatan tersebut dengan menghasilkan nilai tambah.
3. Lakukanlah sesuatu yang positif. Cobalah memberikan waktu untuk diri sendiri. Lakukan sesuatu kegiatan yang menurut kita positif dan bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang laen meski seminim apapun.
Namun, semua itu kembali lagi pada masing-masing individu terkait produktivitas. Ada yang mengambil hikmah dari pandemi ini untuk tetap berproduktif, ada juga yang tetap melakukan rutinitas sehari – hari sampai kejenuhan itu dirasakan. Manfaatkanlah waktu seperti kondisi sekarang dengan sebaik-baiknya untuk menjadikan kita tetap produktivitas dan terus berkarya.

Oleh : Karolina, S.E, M.M
Dosen Universitas Pamulang