Wed. Oct 20th, 2021

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Sikapi Perubahan Perilaku Selama Covid-19

Foto: Lidya Pricilla, S.E., M.M. Dosen Universitas Pamulang.

COVID-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini disebarkan oleh hewan dan mampu menjangkit dari satu spesies ke spesies lainnya, termasuk manusia. Dampak covid-19 yang dapat menyebabkan kematian tentunya menimbulkan kekhawatiran tidak hanya pada negara Indonesia saja namun kekhawatiran tersebut juga terjadi di berbagai negara di dunia. Dari hari ke hari kasus positif covid-19 kian bertambah jumlahnya meskipun upaya pencegahan penyebaran virus terus dilakukan dilansir dari liputan6.com hingga jumat (29/5/2020) tercatat ada kasus positif sebanyak 25.216 dari jumlah tersebut 6.492 pasien dinyatakan sembuh dan 1.520 meninggal dunia. Pada hari sebelumnya (28/5/2020) tercatat ada 24.538 dan dinyatakan sembuh 6.240 serta 1.496 dinyatakan meninggal dunia.
Kekhawatiran yang tinggi mengubah pola perilaku masyarakat dari kebiasaan-kebiasaan yang tidak dilakukan sebelum pandemi covid-19 seperti bekerja dirumah ( work from home ), belajar serta beribadah dirumah hampir seluruh kegiatan hanya bisa dilakukan dirumah saja. Wabah covid-19 tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan saja tetapi juga aspek sosial,dan ekonomi secara global Sehingga saat ini masyarakat diharapkan agar lebih peduli terhadap kebersihan dan kesehatan agar dapat menekan penyebaran virus covid-19. Berikut langkah –langkah agar dapat terhindar covid-19 antara lain :
1. Rajin mencuci tangan dengan sabun.
2. Jaga kebersihan lingkungan.
3. Mengkonsumsi makanan bergizi guna meningkatkan daya tahan tubuh.
4. Menjaga jarak ketika beraktivitas.
5. Rajin olahraga dan istirahat yang cukup.
Upaya meminimalisir resiko pencegahan virus covid-19 dapat dilakukan dengan kesadaran diri sendiri dan kedisiplinan untuk mematuhi protokol kesehatan dengan bijak dan cerdas sehingga dapat terhindar dari penularan covid-19.
Maka dari itu mari ikut berpartisipasi dalam memutus mata rantai covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan agar penularan virus dapat menurun dan berakhir agar dapat beraktifitas normal kembali sehingga dapat menuju tatanan kehidupan yang baru (new normal) yang lebih baik lagi.

Oleh: Lidya Pricilla, S.E., M.M.
Dosen Universitas Pamulang